Connect with us

Lifestyle

Kenali 6 Ciri-Ciri Tanaman Beracun, Bisa Tumbuh di Sekitaran Rumah

Avatar

Diterbitkan

pada

ciri-ciri tanaman beracun

Ilustrasi Oleander, merupakan salah satu tanaman beracun (Foto: bibitbunga)

FAKTUAL-INDONESIA: Hadirnya tanaman di rumah bisa menambah keindahan rumah. Tak jarang ada tanaman yang tumbuh liar di pekarangan rumah. Akan tetapi, Anda perlu waspadai karena ada sejumlah tanaman yang berancun. Maka dari itu, penitng untuk mengetahui ciri-ciri tanaman beracun yang mungkin tumbuh di sekitar rumah.

Belakang ini, hobi berkebun digandrungi banyak orang. Meraka beralasan hobi ini dilakukan untuk menghabiskan waktu di rumah, khususnya saat datang Covid-19. Selain membeli tanaman hias, terkadang Anda melihat tanaman liar yang indah.

Meski indah, Anda perlu mewaspadainya karena bisa saja tanaman tersebut merupakan tanaman beracun. Bukan hanya di rumah, mengetahui ciri-ciri tanaman beracun juga bisa berguna saat Anda sedang menelusuri hutan.

Baca juga: 7 Tips Menata Tanaman di Balkon agar Terlihat Cozy dan Asri

Berikut beberapa ciri-ciri tanaman beracun yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Warnanya mencolok

Ciri-ciri tanaman beracun yang pertama yaitu warnanya mencolok. Tanaman dengan warna terang atau mencolok akan lebih mudah dilihat oleh mata. Meski begitu, hindari memegang tumbuhan ini karena bisa saja tanaman beracun.

Advertisement

Sementara itu, biasanya hewan atau serangga juga menghindari tumbuhan dengan warna mencolok. Ini bisa dijasikan tanda untuk mengetahui apakah tanaman itu berbahaya atau tidak. Ketika berada di hutan, tetaplah berhati-hati apabila menemukan tanaman yang tidak dikenal memiliki buah seperti beri.

2. Bergetah susu

Menemukan tanaman bergetah susu di hutan, sebaiknya Anda perlu berhati-hati. Sebab, ciri-ciri tanaman beracun adalah tanaman yang memiliki getah susu dominan beracun meski sebagian lainyya tidak beracun.

Untuk memastikannya, coba tekan dan putar daun menggunakan sarung tangan. Apakah tanaman mengeluarkan getah susu atau tidak. Jika mengeluarkan susu, lebih baik tinggalkan. Terdapat sejumalah tanaman yang mengeluarkan getah susu, antara lain:

  • Calotropis (biduri atau widuri)
  • Milkweed
  • Pepaya
  • Tumbuhan genus euphorbia
  • Pohon ficus (pohon buah tin) terdapat getah yang bisa menyebabkan iritasi kulit pada sebagian orang yang sensitif bila disentuh.

3. Daun tunggal dengan tiga ujung runcing

Ciri-ciri tanaman beracun berikutnya yaitu daun yang memiliki tiga sudut runcing. Contoh tanaman ini adalah poison ivy (jelatang) dan poison oak. Selain itu, daun yang memiliki warna hijau mengilap, teduh kusam, atau berbulu juga beracun.

Apabila melihat tanaman merambat seperti tanaman dengan daun hijau mengkilap dan tiga sudut runcing di daun, waspadalah karena kemungkinan ini merupakan tanaman poison ivy.

Baca juga: Sejumlah Tanaman Hias, Selain Indah juga Bisa Usir Nyamuk

4. Tanaman berbentuk payung

Selain daun yang memiliki tiga ujung runcing, ciri-ciri tanaman beracun juga bisa dikenali melalui bentuknya yang menyerupai payung. Biasanya tanaman ini tumbuh di tempat yang lembap dan terbengkalai, termasuk di tepi sungai, parit atau selokan, rawa, dan danau.

Advertisement

Tanaman ini dikenal dapat membunuh orang dewasa jika tertelan dalam jumlah tertentu. Beberapa jenis tanaman berbentuk payung yang beracun adalah oleander, water hemlock, azalea, hidrangea, dan cow-bane.

5. Bau menyengat

Salah satu ciri-ciri tanaman beracun lainnya yang umum dan mudah dikenali yakni baunya menyengat. Kebanyakan tanaman beracun memiliki aroma atau bau yang tidak enak, kuat dan menyengat. Seseorang yang menghirup kadar racun pada tanaman ini, akan membuatnya merasa pusing, mual-mual, hingga tidak enak badan.

Untuk itu, identifikasilah dengan mencium baunya. Jika tanaman tersebut mengeluarkan bau menyengat yang tidak enak maka segera hindari tanaman tersebut.

6. Interaksi hewan

Ciri-ciri tanaman beracun yang terakhir adalah melihat dari interaksi hewan. Beberapa hewan dikenal sudah memiliki naluri alami untuk melindungi diri yang sangat kuat, termasuk dari tanaman beracun.

Saat hewan mendekati dan memakan tanaman tersebut, maka kemungkinan besar tanaman tersebut tidak beracun dan aman untuk dikonsumsi. Kendati demikian, tidak semua hewan menghindari tanaman beracun, karena ada juga yang punya insting yang kuat dan mampu tahan terhadap tanaman beracun tertentu.

Advertisement

Demikian pembahasan tentang ciri-ciri tumbuhan beracun yang perlu Anda kenali. Waspadalah apabila tinggal di tempat yang memiliki beragam jenis tanaman. Tetap waspada dan perhatikan sekitar ya!***

Baca juga: 7 Cara Membasmi Rumput Liar di Rumah agar Tidak Tumbuh Lagi

Lanjutkan Membaca