Connect with us

Griya

7 Tips Menata Tanaman di Balkon agar Terlihat Cozy dan Asri

Avatar

Diterbitkan

pada

Tips menata tanaman di balkon

Sumber: Istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Balkon merupakan salah satu tempat di rumah yang kerap digunakan untuk bersantai. Supaya balkon menjadi nyaman, banyak orang memanfaatkannya sebagai tempat berkebun di rumah. Dengan mengetahui beragam tips menata tanaman di balkon, tentu tempat tersebuat akan terlihat lebih cantik dan cozy.

Seseorang yang tinggal di apartement bertingkat sering menginginkan balkonnya dijadikan tempat yang nyaman untuk sekedar menikmati pemandangan sambil meminum secangkir kopi. Tak sedikit pemiliknya meletakkan tanaman hias di balkon agar terlebih asri dan sedap ketika dilihat orang.

Namun, masih banyak orang yang bingung mengenai cara atau tips menata tanaman di balkon. Padahal, menata tanaman di balkon sangat mudah diterapkan. Dengan begitu, balkon menjadi tempat yang tak kalah asyik dibandingkan pekarangan atau halaman rumah.

Baca juga: Inilah 9 Tanaman Hias yang Tidak Memerlukan Cahaya Matahari

Berikut beberapa tips menata tanaman di balkon yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Ketahui tanaman yang cocok di balkon

Tips menata tanaman di balkon

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Tips menata tanaman di balkon yang pertama yaitu mengetahui jenis tanaman yang cocok. Perlu diiketahui, tak sedikit orang gagal berkebun di area balkon. Alasannya adalah salah memilih jenis tanaman. Untuk itu, sesuaikan tanaman dengan lingkungan, suhu, dan cuaca di tempat tinggal.

Pertimbangkan juga angin, curah hujan, dan paparan sinar matahari pada tanaman yang hendak diletakkan pada balkon. Disarankan memilih tanaman kaktus, sukulen, bugenvil, lavender, rosemary, pakis, dan monstera deliciosa.

Advertisement

Tanaman tersebut merupakan tumbuhan yang mampu bertahan di bawah sinar matahari. Mempertimbangkan jenis tumbuhan diatas, maka akan lebih mudah dalam merawatnya dan dapat berkembang baik dengan baik.

2. Susun berdasarkan ukuran pot

Tips menata tanaman di balkon

Sumber: Istimewa

Supaya balkon yang dipenuhi tanaman bisa terlihat rapih, Anda perlu memsiahkan berdasarkan ukuran pot sebagai tips menata tanaman di balkon. Sebaiknya, pot berukuran besar ditempatkan pada area belakang balkon, sedangkan pot berukuran kecil di bagian depan.

Menerapkan tips ini dianggap dapat membuat seluruh koleksi yang ada di balkon akan terlihat dari depan rumah serta lebih indah dan asri.

3. Pemisahan jenis tanaman

Tips menata tanaman di balkon

Sumber: thespruce.com/KDave

Tips menata tanaman di balkon berikutnya yaitu memisahkan berdasarkan jenis tanaman. Mungkin sejumlah orang tetap menginginkan beberapa jenis tanaman yang rentan terhadap matahari. Pisahkan antara tanaman yang mampu terkena sinar matahari secara langsung dan yang tidak.

Taruh tanaman yang mampu terkena paparan sinar matahari langsung di bagian paling depan. Pada area belakang barulah meletakkan tanaman tidak bisa mendapat sorot sinar matahari secara langsung.

4. Manfaatkan rumput sintetis

Tips menata tanaman di balkon

Sumber: Istimewa

Selain memisahkan jenis tanaman, tips menata tanaman di balkon juga bisa diterapkan dengan memanfaatkan rumput sintetis. Rumput dapat mencermrinkan balkon lebih menarik dan terasa segar. Walaupun sederhana, tetapi bisa membuat suasana balkon lebih cozy untuk nongkrong dan bersantai.

Baca juga: 8 Cara Merawat Furnitur Bambu agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Untuk mendukung suasana, tambahkan beberapa furnitur esensial seperti meja dan kursi kayu untuk kesan natural. Tak hanya itu, meja dan bangku itu bisa digunakan untuk sekedar bersantai menikmati pemandangan guna melepas penat dan menyegarkan pikiran.

5. Gunakan rak khusus tanaman

Tips menata tanaman di balkon

Sumber: nymag.com

Jika bingung dan terlalu sulit menata tanaman di balkon, gunakanlah rak khusus tanaman. Dengan demikian, tanaman hias akan lebih tertata rapih dan menghemat ruang. Semisal balkon tidak terlalu luas, gunakan rak berukuran kecil serta tanamannya yang relatif kecil pula. Hasilnya, penataan dekorasi akan lebih efisien dan segar ketika dipandang.

6. Perhatikan furnitur di sekitarnya

Tips menata tanaman di balkon

Sumber: Getty Images/Westend61 via housebeautiful.com

Salah satu tips menata tanaman di balkon adalah memerhatikan posisi furnitur di sekitarnya. Apabila balkon cukup luas, Anda bisa menghadirkan bangku dan meja di balkon untuk tempat bersantai. Namun, perhatikan dan jangan menaruh pot tanaman di bagian tengah balkon.

Posisi tersebut dapat menggangu jalan ketika Anda ingin beraktivitas. Letakkan tanaman yang sudut-sudut dan mengelilingi balkon agar tidak mengganggu. Untuk menghadirkan kesan hijau di tengah, Anda dapat memasang rumput sintetis pada bagian lantai. Kemudian juga tempatkan kursi dan meja di bagian tengah balkon sebagai focal point.

Advertisement

7. Perlindungan dan perawatan tanaman

Tips menata tanaman di balkon yang terakhir adalah perawatan dan perlindungan tanaman hias. Balkon rumah biasanya terletak di area atas. Posisi tersebut akan membuat angin dan sinar matahari terik. Karenanya, Anda harus memeriksa asupan air pada tanaman.

Pastikan tanaman tidak kekurangan air supaya tidak layu dan mati. Selain itu, Anda bisa memasang tirai bambu atau penghalang lainnya untuk melindunginya dari cuaca buruk sebagai perlindungan ekstra.***

Baca juga: 7 Cara Membuat Tanaman Hidroponik di Rumah, Mudah Kok!

Lanjutkan Membaca