Connect with us

Kesehatan

Supaya Olahraga Pagi Optimal, Pastikan Tidur Berkualitas

Avatar

Diterbitkan

pada

olahraga pagi

Ilustrasi olahraga pagi (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang perlu dilakukan setiap olahraga. Waktu terbaik olahraga yang disarankan adalah pagi hari. Namun, banyak orang yang malas olahraga pagi. Alasannya adalah kurang tidur atau banyak pekerjaan.

Rutin olahraga dan mendapatkan tidur yang cukup merupakan dua hal yang sama penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Bagi seseorang yang kurang tidur, pasti akan memilih bersantai di kasur dengan anggapan mendapatkan tidur berkualitas. Padahal, tidur dan olahraga sama pentingnya.

Mulai sekarang, coba awali hari dengan olahraga pagi. Jika sibuk, Anda bisa tetap berolahraga di pagi hari saat akhir pekan. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan sebelum olahraga pagi yakni memiliki tidur berkualitas, khususnya berlari.

Baca juga: 9 Cara Mengatasi Malas Berolahraga, Jangan Mager Ya!

Pelatih dan pelari senior Hendri Pardede menjelaskan tidur merupakan salah satu bagian dari latihan. Namun, poin ini banyak dilewatkan seseorang sebelum mulai berolahraga terutama berlari. Jika seseorang tidak memiliki kualitas tidur yang baik, kondisi ini dapat menyebabkan seseorang mengalami detak jantung yang tinggi.

Bila seseorang memaksakan berolahraga saat kurang tidur, kondisi ini bisa menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung hingga kematian.

Advertisement

“Jadi kalau harus bangun pagi sebelum lari atau latihan itu pastikan ketika kita bangun itu kita sehat, kita segar. Karena ingat, dalam berlari tidur juga bagian dari latihan. Banyak pelari miss di sini. Mereka kurang tidur tapi latihan. Akhirnya heart rate-nya tinggi. Nggak heran banyak yang jantung segala macam,” kata Hendri, melansir Antara, Senin (18/7/2022).

“Ini yang harus kita sosialisasikan. Tidur itu bagian dari latihan. Kalau begadang bahaya. Jangan lari besoknya. Nanti bisa kleyengan, heart rate-nya bisa tinggi,” sambungnya.

Baca juga: Olahraga Malam sebelum Tidur Sama Kualitasnya Gerak Badan Pagi Hari

Selain itu, dia uga menyarankan untuk melakukan peregangan awal serta pemanasan selain menjaga kualitas tidur. Kemudian, melatih gerakan kaki, tangan, hingga mengatur nafas juga perlu dilakukan sebelum berlari.

Berapa lama waktu yang ideal setiap malam?

Menurut National Sleep Foundation yang dikutip melalui hellosehat, durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah sekitar 7 – 9 jam per malam. Kelly Glazer Baron, Ph.D., seorang psikolog klinis dan peneliti tidur di Feinberg School of Medicine di Northwestern University juga mengatakan hal yang senada.

Tidur malam dikatakan cukup jika tuntas sampai 7 jam, agar benar-benar dapat membantu Anda bekerja dan berolahraga dengan lebih maksimal keesokan harinya.

Advertisement

Bahkan menurut penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Northwestern University, orang-orang dengan insomnia yang melakukan olahraga aerobik secara teratur dilaporkan mengalami peningkatan kualitas tidur dan mengaku tidak mudah lelah di siang hari. Itulah mengapa, jika Anda bisa tidur 7 – 8 jam di malam hari maka tak ada alasan untuk tidak berolahraga, khususnya olahraga pagi.***

Baca juga: 6 Kesalahan Saat Olahraga yang Sering Dilakukan dan Perlu Dihindari

Lanjutkan Membaca
Advertisement