Connect with us

Griya

6 Tips Merawat Kasur agar Tahan Lama

Avatar

Diterbitkan

pada

tips merawat kasur

Ilustrasi merawat kasur dengan baik agar tahan lama. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Kasur atau spring bed sebagai alas tidur harus terawat dengan baik. Sebab, jika tidak terawat tentu akan membuat tidurmu tidak nyaman.

Selain harus menjaga kebersihannya, kamu harus menerapkan tips merawat kasur agar tidak mudah rusak. Kalau rusak, pasti kamu harus membeli lagi dan harus mengeluarkan bujet untuk itu.

Kasur juga bisa menjadi sarang bakteri dan debu yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Karena itulah kamu harus menjaga kebersihan kasur.

Terlebih, fungsi utama dari kasur adalah sebagai tempat tidur dan beristirahat setelah melakukan aktivitas sepanjang hari. Sehingga kamu perlu merawatnya dengan baik.

Baca juga: 9 Cara Membasmi Kutu Kasur di Tempat Tidur dengan Mudah

Biasanya, ada beberapa hal yang bisa membuat kasur mudah rusak, mulai dari timbul jamur, tumpukan debu, hingga ada kerusakan pada bagian pegas kasur.

Advertisement

Nah, agar kasur di rumah bisa digunakan dalam waktu lama, berikut ini beberapa tips merawat kasur yang mudah dilakukan.

1. Gunakan pelindung kasur

Tips merawat kasur agar tahan lama yang pertama yaitu menggunakan pelindung kasur. Pastikan kamu telah memasangkan pelindung matras yang berbentuk sebuah lapisan kain. Pelindung matras ini tahan air dan bisa melindung matras dari tungau, debu, kotoran, serta jamur

Biasanya, pelindung kasur sudah dilengkapi dengan karet untuk memudahkan kamu saat memasangnya ke atas kasur.

2. Cuci sprei secara rutin

Saat tidur, tubuh kita bisa mengeluarkan keringat, serta kotoran lainnya, seperti minyak, sel kulit mati, dan rambut. Bila dibiarkan, tentu ini bisa membuat ranjang jadi kotor. Bila dibiarkan, lama-kelamaan akan menimbulkan bakteri dan kuman di atas ranjang.

Untuk itulah, kamu harus rutin mencuci sprei dan selimut setidaknya satu atau dua minggu sekali. Jadi, pastikan kamu memiliki beberapa sprei baru dan bersih supaya lebih mudah menggantinya.

Advertisement

3. Putar posisi kasur secara berkala

Pernahkah kamu memperhatikan bentuk permukaan kasur di rumah? Apakah terdapat lekukan permanen di tempat kamu biasa berbaring? Jika ya, itu tandanya kamu perlu memutar posisi kasur tersebut. Bila kamu baru membeli matras baru, pastikan kamu memutar posisi kasur setiap 6-12 bulan sekali.

Namun, jika kasur kamu sudah berusia lebih dari 2 tahun, kamu bisa memutarnya setidaknya 2-6 bulan sekali. Jadinya, kasur kamu akan terasa lebih nyaman dan simetris karena bentuknya lebih rata sekaligus empuk.

Baca juga: 7 Tips Menjaga Kebersihan Kasur agar Terbebas dari Kuman!

4. Hindari melompat di atas kasur

Tips merawat kasur agar tahan lama berikutnya yaitu hindari melompat diatas kasur. Melompat di atas kasur hanya akan membuat pegasnya mudah rusak. Selain itu, bisa juga berdampak pada rangka dan busa kasur. Nantinya, kasur akan terasa sakit saat kamu baring.

5. Pastikan menjemur kasur secara rutin

Bila kamu meletakkan kasur dekat dengan jendela di dalam kamar tidur, pastikan kamu rutin membuka jendela selama 2 jam, terutama pada pagi hari. Jadi, secara tidak langsung, kita bisa menjemur kasur dekat dengan sinar matahari.

Selain itu, kita juga perlu menjemur kasur di bawah sinar matahari setiap satu atau dua bulan sekali sebagai tips merawat kasur. Hal ini bertujuan untuk mencegah kasur menjadi lembab, serta bisa membunuh tungau.

Advertisement

6. Cuci kasur sesuai panduan

Kasur juga perlu dicuci agar kebersihannya tetap terjaga. Namun, pastikan mengikuti panduan pencuciannya yang biasanya disertakan saat membeli kasur.

Secara umum, cara membersihkan kasur bisa dimulai dari mengangkat debu dan kotoran menggunakan vacuum cleaner.

Kemudian, usapkan cairan pembersih kain ke atas bagian kasur yang bernoda menggunakan kain lap microfiber. Setelah noda hilang, keringkan kasur agar  tidak lembab. Menerapkan tips merawat kasur diatas sangat mudah bukan?***

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Bau Pesing Bekas Ompol Pada Kasur

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement