Connect with us

Lifestyle

7 Tips Menjaga Kebersihan Kasur agar Terbebas dari Kuman!

Avatar

Diterbitkan

pada

tips menjaga kebersihan kasur

Ilustrasi kasur (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Kasur menjadi barang yang wajib dimiliki saat ini. Pasalnya, seseorang akan menghabiskan waktunya selama 7-8 jam di atas kasur saat tidur. Jika tidak dijaga, maka akan memicu berkembangnya bakteri dan tungau. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui tips menjaga kebersihan kasur guna terbebas dari kuman.

Kelembaban berlebih di dalam rumah ternyata bisa menjadi sarang berkembang biaknya bakteri. Itu terjadi karena iklim di Indonesia yang cenderung panas dan lembap. Ketika bakteri dan tungau menempel pada kasue, maka bisa berdampak buruk bagi manusia.

Terdapat sejumlah gangguan kesehatan yang bisa muncul akibat kasur yang kotor, yakni alergi, penyakit scabies, serta nfeksi Jamur dan kuman. Agar kasur selalu bersih, Anda perlu menerapkan tips menjaga kebersihan kasur supaya aman dan terbebas dari kuman.

Baca juga: 9 Cara Membasmi Kutu Kasur di Tempat Tidur dengan Mudah

Berikut beberapa tips menjaga kebersihan kasur yang telah faktualid.com rangkum dari renonation dan sumber lainnya.

1. Jaga kelembapan kamar

Tips menjaga kebersihan kasur yang pertama yaitu menjaga kelembapan kamar. Pasalnya, tungau sangat menyukai tempat yang lembap. Jika kamar dibiarkan lembap maka tungau dan bakteri sangat mudah berkembang baik dan menyebabkan Anda terkena gangguan kesehatan.

Advertisement

Kelembapan lebih bisa semakin parah terjadi ketika seprai tertutup keringat manusia dan minyak. Jika kelembapan dapat dijaga, maka tungau dan debu tidak akan bertahan lama. Anda bisa menggunakan humidifier dan bahan penyerap kelembaban untuk menjaga kelembaban dalam ruangan di bawah 55%.

2. Rutin mengganti seprai

tips menjaga kebersihan kasur

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Pada umumnya, orang-orang mengganti seprai saat sudah terlihat. Padahal, hal tersebut bisa memicu munculnya tungau dan bakteri. Sebagai tips menjaga kebersihan kasur, sebaiknya lakukan penggantian seprai, sarung bantal, dan bed cover setiap 2 minggu sekali.

Sebab, ketiganya seringkali bersentuh langsung dengan kulit. Bahkan, tanpa sadar keringat dan air liur kerap menempel dan membasahinya menjadi tempat kesukaan bakteri.

3. Cuci seprai dengan air panas

Tips menjaga kebersihan kasur berikutnya yaitu mencuci seprai dengan air panas. Dibandingkan air biasa, air panas lebih ampuh untuk membasmi kuman dan bakteri yang menempel dan mencegah perkembangbiakan telur.

Untuk itu, cuci semua yang digunakan untuk tidur seperti sarung bantal, bed cover, dan seprai dengan air panas bersuhu 60 derajat celcius guna menghilangkan kuman-kuman yang bisa menyebabkan Anda terpapar virus penyebab penyakit.

4. Bersihkan kasur menggunakan alat

Tak hanya sarung tangan dan seprai yang perlu dibersihkan, tips menjaga kebersihan kasur juga perlu membersihkan kasur itu sendiri. Supaya efektif, Anda bisa membasmi tungau, kuman, dan debu yang menempel di kasur dengan menggunakan alat-alat pembersih kasur.

Advertisement

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Spring Bed agar Terhindar dari Kuman, Mudah Kok!

Gunakan alat penyedot debu, kain lap bersih, dan sabun untuk membersihkan noda di kasur yang susah dibersihkan.

5. Rutin menjemur kasur

tips menjaga kebersihan kasur

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Salah satu tips menjaga kebersihan kasur yang dinilai ampuh adalah menjemur kasur. Menjemur kasur di bawah sinar matahari memang terkesan tradisional, tapi hasilnya dikenal efektif mengusir tungau, bakteri, dan kutu kasur di kasur.

Paparan sinar matahari bisa membunuh kutu yang bersarang di dalamnya. Untuk menjemurnya, dapat dilakukan dengan mengarahkan kasur ke jendela atau membawa keluar rumah. Ketika proses penjemuran, sebaiknya pindahkan barang-barang disekitarnya supaya debu dan kotoran lain tidak menyebar.

Setelah dijemur, pastikan gunakan penyedot debu untuk menyedot tungau yang sudah mati dan sisa telur tungau.

6. Gunakan cover kasur tahan air

Menggunakan cover kasur tahan bisa dijadikan tips menjaga kebersihan kasur. Cover ini berfungsi untuk menjaga kasur tetap bersih dan mencegah munculnya kutu dan tungau. Selain itu, cover anti air ini juga bisa mencegah kasur saat anak tidak sengaja mengompol di kasur atay muntahan agar tak menyentuh kasur.

7. Bersihkan bagian kasur yang kotor

Tips menjaga kebersihan kasur agar senantiasa terbebas dari kuman yang terakhir adalah membersihkan bagian kasur yang kotor. Terkadang, Anda tidak sengaja menumpahkan sesuatu sehingga meninggalkan noda di permukaan kasur.

Advertisement

Segera hilangkan noda tersebut akan tungau atau kutu kasur tidak mudah berkembang biak. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan baking powder dan cuka untuk membersihkan noda.

Caranya, bersihkan noda tersebut dengan air dan lap bersih terlebih dahulu. Namun, pastikan agar kasur tidak terlalu basah karena akan sulit dikeringkan. Lalu, campurkan cuka dan baking powder dan aplikasikan pada kasur. Setelah itu, keringkan dengan hair dryer hingga benar-benar kering.***

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Bau Pesing Bekas Ompol Pada Kasur

Lanjutkan Membaca