Home Lifestyle 9 Cara Membasmi Kutu Kasur di Tempat Tidur dengan Mudah

9 Cara Membasmi Kutu Kasur di Tempat Tidur dengan Mudah

oleh Farhan Zuhdi
cara membasmi kutu kasur

Ilustrasi kutu kasur (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Kutu tidak hanya ada di kulit kepala dan beras, tetapi ada juga kutu yang bersarang di kasur. Tempat tidur yang tidak terjaga kebersihannya menjadi penyebab munculnya tungau tersebut. Kutu kasur bisa berdampak buruk bagi kesehatan, terutama pada sistem pernapasan.

Penting untuk mengetahui cara membasmi kutu kasur sebelum kamu mengalami gatal-gatal saat tidur. Kutu yang memiliki nama ilmiah Cimex hemipterus ini sering hinggap di berbagai permukaan, seperti kasur, bantal, sofa, hingga di celah dinding.

Memiliki ukuran 5 milimeter (mm) membuatnya sulit untuk dilihat oleh mata. Bahkan, tungau ini bisa saja berpindah-pindah dan berkembang biak di kasur. Jika mencurigai munculnya hewan ini di rumah, kamu bisa menerapakan beberapa cara membasmi kutu kasur.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Tungau pada Perabotan Secara Alami

Berikut beberapa cara membasmi kutu kasur yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Memeriksa seisi rumah

Cara membasmi kutu kasur yang pertama yaitu dengan memeriksa dengan segara sudut rumah. Mengetahui keberadaannya lebih bisa meminimalisir perkembangannya. Tempat yang biasa dihinggapinya adalah permukaan kasur, sofa, dan celah dinding.

Ukurannya yang kecil mengharuskan kamu menggunakan kaca pembesar dan senter untuk memeriksanya. Ciri-cirinya sebagai berikut:

  • Terdapat bintik-bintik hitam kecil di kasur menandakan kotoran kutu busuk yang pernah berkeliaran.
  • Kutu muda umumnya berwarna kuning telur pucat, seperti kulit telur dan bentuknya kecil.
  • Kutu dewasa hidup berwarna kemerahan dan berukuran sedikit panjang, ada juga yang sedikit bulat.

2. Menjemur kasur

Langkah sederhana untuk menghilangkan kutu busuk yakni dengan menjemur kasur di bawah sinar matahari. Kamu juga bisa menjemur barang-barang lainnya seperti bantal, selimut, spring bed, dan sofa. Paparan sinar matahari bisa membunuh kutu yang bersarang di dalamnya.

Ketika proses penjemuran, alagkah baiknya memindahkan barang-barang disekitarnya supaya debu dan kotoran lain tidak menyebar.

3. Cuci dengan air panas

Cara membasmi kutu kasur berikutnya yaitu mencuci barang-barang yang ada di kamar tidur, seperti selimut, sarung bantal dan guling, serta seprai dengan air hangat. Saat mencucinya, kamu bisa menambahkan sabun agar lebih efektif.

Tidak lupa untuk memisahkan dari barang-barang bersih. Jika sudah bersih, keringkan di bawah terik matahari.

4. Sistem penguapan

Mengguanakan sistem penguapan bisa menjadi cara membasmi kutu kasur. Menguapi kasur menggunakan alat khusus bisa membantu menghilangkan kutu ini. Asap panas yang ditimbulkan alat tersebut bisa membunuh tungau kasur secara menyeluruh.

Jangan lupa untuk membersihkannya dengan merata hingga ke sela-sela kasur. Usahakan agar semua sudut mendapatkan uap panas.

5. Gunakan silica gel

Selain menguapi kasur, cara membasmi kutu kasur juga bisa memanfaatkan silica gel. Bahan satu ini biasanya mudah ditemukan saat membeli sepatu atau produk makanan kemasan. Silica gel berfungsi menyerap air dari badan kutu yang membuat kutu-kutu terkena dehidrasi lalu mati.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Kutu Beras dengan Bahan Alami

Cukup taburkan silica gel ke seluruh kasur. Berhati-hatilah saat menggunakannya karena dapat membahayakan tubuh.

6. Menutup tembok atau lantai yang retak

Salah satu cara membasmi kutu kasur yaitu dengan menutup bagian tembok atau lantai yang retak. Pasalnya, bagian yang retak ini menjadi tempat persembunyian tungau di dalam rumah. Sebelum menemukannya di dalam rumah, perbaiki retakan dengan menambal dan menutupinya.

Apabila belum sempet memperbaikinya dan kamu menemukan kutu bersarang di retakan tersebut, segera basmi menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot kutu hingga tuntas.

7. Minyak esensial

Ternyata, cara membasmi kutu kasur bisa dilakukan menggunakan bahan alami, yakni minyak esensial. Cara ini dianggap efektif untuk mengusir tungau ini. Kamu bisa menggunakan beberapa minyak esensial, seperti minyak pohon teh, peppermint, cengkeh, lavender untuk membasmi dan membunuh kutu kasur.

8. Cuka

Bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk membasmi tungau kasur adalah cuka. Kamu hanya perlu memindahkan cuka ke dalam botol semprot tanpa perlu dicampur dengan air. Barulah menyemprotkan cuka ke tempat kutu kasur bersarang.

9. Garam

Cara membasmi kutu kasur yang terakhir dengan menggunakan garam. Untuk mengaplikasikannya, cukup campurkan garam secukupnya dengan air. Masukan larutan tersebut ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan ke kasur dan area lain yang menjadi sarang kutu kasur secara merata.***

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Bau Pesing Bekas Ompol Pada Kasur

You may also like

Tinggalkan Komentar