Connect with us

Internasional

PM Sri Lanka Printahkan Militer Bertindak Pulihkan Ketertiban

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Militer Sri Lanka diperkirakan akan segera bertindak untuk mengamankan pengunjuk rasa yang terus bergerak menguasai gedung Perdana Menteri dan pemerintahan

Militer Sri Lanka diperkirakan akan segera bertindak untuk mengamankan pengunjuk rasa yang terus bergerak menguasai gedung Perdana Menteri dan pemerintahan

FAKTUAL-INDONESIA: Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe dalam pidato yang disiarkan televise, memerintahkan militer melakukan apa pun yang diperlukan untuk memulihkan ketertiban.

Dia meminta para pengunjuk rasa yang telah menduduki kantornya dan gedung-gedung negara lainnya untuk kembali dan bekerja sama dengan pihak berwenang.

“Kita tidak bisa merobek konstitusi kita. Kita tidak bisa membiarkan fasis mengambil alih. Kita harus mengakhiri ancaman fasis terhadap demokrasi ini,” tambahnya.

Seorang koresponden BBC di Kolombo mengatakan pernyataan terbaru Wickremesinghe bisa menjadi indikasi bahwa tentara akan menegakkan keamanan di ibukota.

Sementara itu para pengunjuk rasa bersantai di sofa dan mengambil foto di kantor PM

Advertisement

Mereka berada di dalam gedung, di tempat yang tampak seperti ruang pertemuan di mana dindingnya dilapisi dengan gambar pejabat.

Itu digunakan untuk menjadi tuan rumah pertemuan yang dihadiri oleh pejabat dari seluruh dunia.

Sekarang, di bawah cahaya hangat dari lampu gantung kaca besar, pengunjuk rasa berdiri di kursi dan meja, mengibarkan bendera Sri Lanka, berteriak dan bernyanyi dan meneriakkan “itu yang kami katakan, jangan main-main dengan kami”.

Di luar ruangan, sekelompok tentara bersenjata berdiri di dekat mereka, dengan tenang menyaksikan para pengunjuk rasa merayakan kegembiraannya.

Pengunjuk rasa lainnya bersantai di sofa, dan mengambil gambar dari banyak foto di dinding, termasuk banyak dari Ratu dan Pangeran Charles.

Advertisement

Ketua parlemen Sri Lanka baru saja mengumumkan bahwa Presiden Gotabaya Rajapaksa akan membuat pengaturan untuk mengirim surat pengunduran diri resminya hari ini.

Pembicara mengatakan Rajapaksa – yang berada di luar negeri – telah meneleponnya dan mengatakan kepadanya bahwa dia akan mengundurkan diri hari ini – seperti yang dijanjikan sebelumnya pada hari Sabtu.

Surat pengunduran diri akan membuka jalan bagi Sri Lanka untuk memicu rencana suksesi, dengan mengizinkan presiden sementara untuk turun tangan hingga 30 hari sebelum anggota parlemen memilih untuk memilih pemimpin baru. ***

Advertisement
Lanjutkan Membaca