Connect with us

Ekonomi

PLN Lakukan Pembenahan Kelistrikan Jelang KTT G20

Avatar

Diterbitkan

pada

Logo PLN

FAKTUAL-INDONESIA: PLN terus melakukan persiapan menjelang Event Internasional KTT G20 yang akan berlangsung di Pulau Dewata pada November tahun ini.

Menurut General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM), Didik F Dakhlan, PLN yang merupakan penyuplai energi listrik pada event tersebut berupaya agar keandalan sistem kelistrikan terus optimal.

“Event Internasional G20 di Bali tinggal beberapa bulan lagi, kami terus melakukan persiapan-persiapan untuk menjaga dan memperbaiki keandalan di sistem Jawa Timur dan Bali,” ujarnya, Selasa (28/6/2022).

Pihaknya melakukan pemeliharaan dan penambahan infrastruktur dari sistem 20 kV hingga sistem besar 150 kV. Selanjutnya, pihaknya melaksanakan pemeliharaan dan penambahan infrastrukur pada sistem Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT).

Infrastruktur ini mengalirkan energi listrik dari PLTU Paiton ke sistem kelistrikan Bali melalui Saluran Kabel Laut Tegangan Tinggi (SKLT) 150 kV Ketapang – Gilimanuk. PLN UIT JBM juag telah mengerjakan beberapa kegiatan preventif untuk memastikan kesiapan instalasi transmisi tegangan tinggi.

Advertisement

Mulai dari pemeliharaan peralatan GI outdoor, pemeliharaan Cable Head SKLT Jawa – Bali, pembersihan isolator di jaringan transmisi, pembangunan Bus Section, dan penguatan sistem proteksi.

“Pekerjaan ini sudah dilakukan sejak dua pekan lalu untuk tahap pertama dan tahapan kedua ini kami lakukan kembali dengan skala pekerjaan lebih besar dari Paiton-Situbondo-Banyuwangi-Gilimanuk,’ ujarnya.

Menurut Didik, pekerjaan pembersihan isolator sejumlah 176 tower transmisi sepanjang 187 kms dari Paiton – Situbondo – Banyuwangi yang menerjunkan 96 personel, bertujuan agar sistem pertahanan di Jaringan Transmisi tetap optimal dan menghindari terjadinya korosi pada isolator.

Pada saat yang sama, pihaknya juga melakukan pemeliharaan pada Gardu Induk (GI) di Situbondo, Banyuwangi dan Gilimanuk. “Dari GI Paiton, kami juga berhasil melakukan penambahan Bus Section 150 kV agar keandalan sistem di Jawa Timur meningkat dan suplai listrik ke Bali terus optimal,’ ujarnya.

Di Bali, ada beberapa pekerjaan yang di mulai sejak kemarin (25/6/2022) seperti penggantian isolator, pengukuran tahanan isolasi, dan penggantian Ground Steel Wire (GSW), lanjut Didik menjelaskan pekerjaan di Jawa Timur dan Bali.

Advertisement

Pekerjaan ini dilakukan dalam keadaan sistem dipadamkan, akan tetapi hal ini tidak berdampak kepada pelanggan karena kebutuhan pelanggan tetap dapat terpenuhi dari.

Sementara, Senior Manager Pemeliharaan Transmisi dan GI PLN UIT JBM Ika Sudarmaja menambahkan, bahwa PLN juga melakukan penggantian pada sistem proteksi untuk meningkatkan keandalan yang akan dilakukan di 16 titik. “Kami juga fokus pada proteksi dalam penyaluran energi listrik, seperti penggantian 6 relay proteksi di 2 GI, dan rencana 12 titik lainnya,’ ujarnya.

Pada penambahan Bus Section di GI Paiton, PLN mengeluarkan anggaran investasi sebesar Rp6,4 miliar dan untuk sistem proteksi sebesar Rp2,2 miliar. Saat ini, transfer energi listrik dari sistem Jawa Timur ke sistem Bali mencapai 235,6 MW atau 30% dari total kebutuhan daya pada sistem Bali yaitu sebesar 784 MW.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement