Connect with us

Ekonomi

Mobil Mewah Dilarang Beli Pertalite Mulai Agustus 2022

Avatar

Diterbitkan

pada

Mobil Mewah Dilarang Beli Pertalite

Mobil Mewah Dilarang Beli Pertalite Mulai Agustus 2022 (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) tengah mengkaji kebijakan mobil mewah tidak diperbolehkan membeli Bahan Bakar minyak (BBM) jenis RON 90 atau Pertalite.

Aturan tersebut rencananya akan diterapkan mulai Agustus atau September 2022 mendatang dengan acuan berdasarkan kapasitas mesin (cc).

Hal itu dikemukakan oleh Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Erika Retnowati dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VII DPR, Kamis lalu (23/6/2022).

“Memang pada saat kami membahas banyak perdebatan dan kami sampai pada kesimpulan akan ditetapkan pada CC-nya. Kenapa? Kami melihat konsumsinya karena CC-nya besar maka akan mengonsumsi BBM yang banyak dan mereka itu dirancang untuk tidak konsumsi Pertalite,” terang Erika.

Baca juga: Kemenkeu Tegaskan Tidak Ada Rencana Pengenaan Cukai BBM, Ban Karet dan Detergen

“Sebenarnya kami punya target dari BPH sendiri, kami ingin itu dimulai Agustus, atau paling lambat September itu sudah bisa diberlakukan, tapi tentu saja kewenangan itu bukan di kami, karena itu Perpres,” sambungnya, melansir Kontan, Selasa (28/6/2022).

Advertisement

Terkait besaran CC kendaraan mobil mewah, ia masih belum bisa menjelaskan secara detail besaran CC yang dimaksud.

“Untuk CC nya masih dalam pembahasan ya. Nanti akan disosialisasikan,” kata Erika.

Meski belum ada kepastian, jika merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-20/PMK.010/2021 yang mengatur perluasan diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil mewah dengan kapasitas silinder diatas 1.500 hingga 2.500 cc bisa dipastikan.

Tak hanya itu, Erika juga menerangkan kendaraan dinas TNI, Polri dan BUMN tidak boleh membeli Pertalite. Dalam hal ini, BPH Migas dikatakan akan bekerja dengan kepolisian untuk pengawasan.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga Uji Coba Layani Pertalite dan Solar bagi Pengguna Terdaftar

“Jadi kendaraan dinas mobil TNI-Polri sama gak boleh gunakan Pertalite termasuk mobil yang dimiliki BUMN,” ucap Erika.

Advertisement

Erika berharap Agustus dan September sudah dilakukan uji coba dan penertiban regulasi sehingga dapat dilanjutkan dengan sosialisasi.***

Lanjutkan Membaca