Connect with us

Politik

Viral, Istri Bupati Trenggalek Kalahkan Mantan Jubir KPK di Pileg 2024

Avatar

Diterbitkan

pada

Novita Hardini diprediksi bakal lolos ke Senayan. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Pendatang baru Novita Hardini mendadak viral karena berhasil mengalahkan perolehan suara eks juru bicara (jubir) Istana dan eks jubir Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  Johan Budi di pemilihan anggota DPR Dapil VII Jawa Timur. Siapa dia?

Novita merupakan istri Bupati Trenggalek. Sedangkan Johan Budi merupakan petahana di Dapil tersebut yang meliputi Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Magetan dan Ngawi.

Berdasarkan real count KPU pada Minggu (3/3/2024) pukul 01.00 WIB, Johan Budi masih berada di posisi ketiga di internal PDIP. Sementara Novita berada di urutan kedua di bawah Budi Sulistyo Kanang.

Budi Sulistyo Kanang memperoleh 97.887 suara, Novita Hardini 81.841 suara, dan Johan Budi 40.607 suara. Sementara PDIP hanya berpotensi mendapatkan dua kursi di Dapil VII Jatim.

Selain Johan Budi, ada tiga caleg petahana yang berpotensi gagal duduk kembali di Senayan. Mereka adalah Johan Budi Sapto Pribowo (PDIP), Sri Wahyuni (Partai Nasdem), dan Ibnu Multazam (PKB).

Advertisement

Sekretaris DPC PDIP Trenggalek Doding Rahmadi mengakui potensi gagalnya Johan Budi ke Senayan. Ia menyebut, hanya Budi Sulistyo Kanang dan Novita Hardini yang berpotensi lolos ke Senayan dari PDIP Dapil VII Jatim.

Siapa Novita Hardini?
Novita Hardini Mochamad (lahir 22 November 1990) adalah seorang politikus dan aktris Indonesia. Novita merupakan anak bungsu dari 11 bersaudara dari seorang anggota Tentara Nasional Indonesia, serta istri Bupati Trenggalek periode 2019 hingga saat ini, Mochamad Nur Arifin.

Melalui program ASEAN Digital Economy Shortcourse Scholarship, Novita menerima beasiswa dan menempuh studi di salah satu perguruan tinggi negeri di Hangzhou, Tiongkok. Saat ini, Novita menjabat sebagai Ketua Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek. Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan gerakan nasional yang berfokus pada pembangunan keluarga dan pembinaan masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan.

Melansir situs PKK Trenggalek, salah satu program yang diusungnya bersama para anggota PKK Kabupaten Trenggalek lainnya adalah Sekolah Perempuan dan Kelompok Rentan (SEPEDA KEREN). Sekolah Perempuan, Anak, dan Disabilitas di Kabupaten Trenggalek.

Novita juga mendirikan UPRINTIS (UMKM Perempuan Perintis) Indonesia 22 Desember 2021, sebagai organisasi perempuan yang bergerak di sektor UMKM. Organisasi tersebut pernah terpilih sebagai delegasi Indonesia untuk Asia Pasific Cooperative Youth Summit (APCYS 4.0), yang diselenggarakan di Sabah, Malaysia mulai tanggal 27-30 Juli 2023.

Advertisement

“Saya melakukan gerakan perempuan melalui Sekolah Perempuan, Anak, dan Disabilitas di Kabupaten Trenggalek. Lalu fokus pengembangan ekonomi Perempuan Indonesia, melalui UPRINTIS Indonesia,” kata Novita kepada detikJatim, Kamis (23/11/2023).

Mengutip situs UPRINTIS Indonesia, Novita menjadi pelopor yang memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dengan Tiongkok, dalam menjaga komitmen memajukan perekonomian Indonesia di pasar global, untuk meningkatkan kedaulatan ekonomi desa yang dibuktikan dengan kegiatan Business Matching yang diadakan oleh UPRINTIS Indonesia.

Berkat itu pula, Novita mendapat kepercayaan dari Ketua Asosisasi One Belt One Road Indonesia Mr. Xiangbing Wang, untuk menjadi pemimpin dalam agenda Bissiness Matching Forum yang dapat membawa UMKM Indonesia memasuki pasar Tiongkok.

Novita diketahui memiliki ketertarikan di bidang wirausaha. Sehingga mendorong dirinya membuka bisnis busana muslimah sendiri yang diberi nama Merayu.ID.

Selain itu, Novita pernah terjun ke dunia seni peran. Ia pernah berperan dalam film Buya Hamka sebagai Fatimah, kakak Buya Hamka.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement