Connect with us

Politik

Pilpres 2024: Wah Paslon 2 Prabowo – Gibran Pakai Naruto, Netizen Teriak Mau Dibawa Kemana Negeri Ini?

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Baliho Naruto yang mengacungkan 2 jari dan memakai kostum 2 serta angka 2 besar menjadi viral karena dikaitkan dengan Paslon Capres - Cawapres No 2 Pilpres 2024, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka

Baliho Naruto yang mengacungkan 2 jari dan memakai kostum 2 serta angka 2 besar menjadi viral karena dikaitkan dengan Paslon Capres – Cawapres No 2 Pilpres 2024, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka

FAKTUAL INDONESIA: Netizen Muhammad Assaewad @Muhammad_Saewad mentweet: “Melihat video baliho yang tidak ada kaitan dan pesan moral, Kosong dari ide dan gagasan. Entah mau dibawa kemana negeri ini? Apa mau dijadikan negeri dongeng, khayalan atau mainan?”

Begitu salah satu cuitan netizen soal baliho Naruto yang mengacungkan dua jari dan memakai kaos nomor 2 yang lagi viral di twitter, Kamis (30/11/2023).

Pasti semua tahu Naruto yang populer sebagai tokoh kartun. Naruto, tokoh kartun populer asal Jepang, tengah viral di media sosial terutama twitter (X) namun bukan soal keseruan atau kelanjutan dari cerita petualangan ninja Negeri Matahari Terbit itu namun justru terkait dengan pasangan calon presiden (Capres) dan wakil presiden (Cawapres) nomor 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Kehadiran Naruto di Paslon 02, Prabowo – Gibran, mencuat setelah adanya baliho Naruto dengan mengacungkan dua jari dan memakai kostum nomor 2. Ini bisa bukan menjadi kedekatan kuat Naruto dengan Paslon 02, Prabowo – Gibran.

Namun tingkah Gibran membagi-bagi gantungan kunci Naruto di Makassar, Sulawesi Selatan, memperkuat Paslon 02 ingin memanfaatkan kepopuleran tokoh kartun itu. Beredar video yang memperlihatkan Gibran membagi-bagikan gantungan kunci Naruto itu untuk membantah tudingan dia bagi-bagi uang (melakukan politik uang).

Advertisement

Apa daya, viedo yang memperlihatkan Gibran membagi gantungan kunci Naruto itu mendapat serangan meagung-agungkan tokoh kartun.

“Orang gak percaya diri ya seperti itu numpang kekuasaan dan popularitas orang lain, mau jadi cawapres numpang eMKa mau dibilang hebat numpang kartun Naruto di undang debat menghindar,” tulis Abdulhamid @Abdulhamid8750

Mau tau reaksi netizen dengan adanya baliho dan gantungan kunci Naruto di paslon 02? Beragam, mulai dari yang ringan dengan menyebut Prabowo – Gibran terlalu banyak gimmick. Kemudian ada yang serius dan keras menyangkut etika, hak cipta, miskin gagasan, hingga penghinaan terhadap negara, kecerdasan warga negara Indonesia, dan negara dalam bahaya.

“Saya kira ini Penghinaan/Pelecehan thp Negara, memilih Presiden_Wapres disimbolkan dg memilih Karakter Tokoh Kartun. Menurut anda Apakah hal spt ini Wajar utk menarik Pemilih Muda atau Penghinaan thp Negara ?,” twett Monica @NenkMonica

Bahkan Emma Louis @Louis_chantika menyatakan: “Kalau dia terpilih…negara dlm bahaya.

Advertisement

Emma Louis.” Dia mentwett lagi:  “Pembodohan dan penghinaan atas kecerdasaran warga negara Indonesia.”

Lalu ada yang mengaitkan dengan proses Gibran menjadi Cawapres dari putusan Mahkamah Konstitusi yang berbau pelanggaran etika.

“Dari awal prosesnya udah ga wajar,ngeri nih,” Labyrinth @sloth_wave

Lebih menarik lagi pernyataan dari Iyang | Virdian Aurellio @virdianaurellio yang membandingkan Naruto dan Cawapres 02 siapa lagi bukan Gibran.

“Naruto emang anak Hokage. Tapi dia kerja keras dulu. Tempur dulu tuh lawan Orochimaru, Pain, Madara, Kaguya dll. Lah Cawapres 02 mah, udah nepotisme seenaknya ganti aturan. Maju Walikota juga lawannya tukang jahit yang jadi paslon boongan di Pilwakot Solo,” tulisnya dengan emoji gemas.

Advertisement

Sudah begitu ada yang menilai baliho dan bagi-bagi gantungan kunci Naruto itu membuktikan kemiskinan ide dan gagasan. Hanya bisa mencontek.

“Tampak miskin visi, misi, apalagi tujuan dan sasaran,” tegas AlimJegger202 @Abdoeljegger202

@RagilSemar: “Contoh ‘baliho raksasa gagasan kerdil’”

⬛HODE UEC⬛@missamiyaa: “Dikira anak muda smua penggemar naruto? Klopun iya apa bakalan setuju si itu diidentikka dngan naruto? Beginilah klo cawapres miskin ide dan gagasan jualannya gak mutu.”

@Kadrun_TiSunda: “Udah minim Gagasan,Minim etika lagi.”

Advertisement

Emma Louis @Louis_chantika: Pangsa pasar nya masa cuma penggemar Naruto aja ? Ini urusan cawapres dan 250 juta nasib rakyat.”

Ada yang mengaitkan soal pendomplengan Naruto itu dengan hak cipta.

Fachri Muchtar @fmuchtaar melontarkan pernyataan: “Kok bisa ya ada calon yg hobinya melanggar etika dan hak cipta?”

Shani Budi @ShaniBudi meminta “Dear @shonenjump  atau siapapun yang bisa menghubungi pemegang license Naruto di Indonesia. Ini melanggar hak cipta.”

Kak @imanlagi: “monggo lho ini ditindak. At least kalo mau kampanye nggak perlu bawa2 IP orang.”

Advertisement

DaffaPrangsi@daprangs bahkan mengimbau untuk menyerbu gimmick ini. “Kemarin soal topi jerami aja dikecam ga karuan. Gimmick Naruto ini bukan lagi gimmick, udah masuk ke pelanggaran hak cipta.” ***

 

#Naruto, #Prabowo, #Gibran #Demo, #Bekasi, #AniesMuhaimin2024 #Tempe

Advertisement
Lanjutkan Membaca