Connect with us

Olahraga

Yel-yel Teriakkan Namanya Pasca Chelsea Gulung Norwich, Roman Abramovich: Fans Dilarang Sebut Pemilik

Avatar

Diterbitkan

pada

Pemilik klub Chelsea yang dibekukan Roman Abramovich. (ist)

FAKTUAL_INDONESIA: Pendukung Chelsea telah didesak untuk berhenti meneriakkan dukungan kepada pemilik klub Roman Abramovich.

Sementara fans menyanyikan (yel-yel) meneriakan nama Abramovich selama kemenangan Chelsea atas Norwich pada hari Kamis (10/3/2022).

Abramovich telah diberi sanksi oleh pemerintah Inggris sebagai bagian dari tanggapannya terhadap invasi Rusia ke Ukraina.

Menteri Teknologi Inggris Chris Philp mengatakan para penggemar perlu mengingat Abramovich memiliki hubungan dekat dengan presiden Rusia Vladimir Putin, yang rezimnya telah melakukan “tindakan biadab” di Ukraina.

“Saya mengerti mengapa penggemar Chelsea memiliki kasih sayang untuknya, tetapi ketika rezim yang terkait dengannya melakukan kekejaman yang lebih penting daripada sepakbola,” katanya kepada program Today BBC Radio Four. “Jadi saya akan meminta mereka untuk berpikir dengan hati-hati sebelum melakukan itu lagi karena tindakan barbar rezim Putin yang didukung Abramovich jauh lebih penting daripada sepak bola,” sambungnya dilansir BBC Sports.

Advertisement

Chelsea Hadapi Masa Depan Tak Pasti

Sanksi, yang dijatuhkan pada hari Kamis, membuat Abramovich saat ini tidak dapat menjual klub, meskipun lisensi khusus yang diberikan oleh pemerintah memungkinkan Chelsea untuk tetap beroperasi.

Philp mengatakan persyaratan lisensi itu dapat diubah untuk memungkinkan penjualan dilakukan.

“Karena persyaratan lisensi ditulis hari ini, penjualan tidak akan diizinkan,” katanya kepada Sky News. “Namun, jika pembeli muncul, pembeli itu atau klub sepakbola itu akan terbuka untuk mendekati pemerintah dan meminta kondisi yang bervariasi dengan cara yang memungkinkan penjualan itu terjadi.”

Menteri Olahraga Nigel Huddleston mengadakan pertemuan dengan Asosiasi Pendukung Sepak Bola (FSA) dan tiga kelompok penggemar Chelsea pada hari Kamis untuk membahas dampak sanksi dan menguraikan proses bagi klub untuk mengajukan permohonan lisensi yang diubah.

Advertisement

“Aplikasi ini dapat mencakup usulan amandemen penjualan tiket,” bunyi pernyataan OJK.

“Menteri mengindikasikan bahwa pemerintah akan bekerja dengan klub dan liga untuk mempertimbangkan perubahan di sepanjang jalur ini. Chelsea FC harus memberikan kejelasan di mana setiap pendapatan yang dihasilkan akan diarahkan sebagai bagian dari aplikasi ini.”

Perusahaan investasi Amerika yang menangani penjualan – Raine Group – telah menghentikan proses untuk saat ini dan telah berusaha mencari klarifikasi tentang bagaimana penjualan potensial dapat dilanjutkan.

Seberapa cepat klub dapat dijual setelah pembeli ditemukan tergantung pada jaminan yang diterima pemerintah bahwa hasilnya tidak akan masuk ke Abramovich, tetapi mengamankan jaminan itu bisa memakan waktu.

Mereka yang mengerjakan kesepakatan atas nama Abramovich diberitahu bahwa hasil dari penjualan akan digunakan untuk dana bagi para korban perang di Ukraina. Dipahami bahwa pinjaman £1,5 miliar dari oligarki Rusia tidak akan dipotong dari harga.

Advertisement

Pada awal proses Abramovich sedang mencari £3bn untuk klub, tapi itu sudah dilihat sebagai harga yang meningkat oleh pakar industri sebelum sanksi dijatuhkan.

Investor properti Inggris, Nick Candy, termasuk di antara mereka yang masih tertarik membeli Chelsea.

BBC Sport memahami tidak ada drop-out dari calon investor menyusul berita Kamis dengan sebanyak 20 pihak yang kredibel masih tertarik.

Seorang juru bicara Nick Candy mengatakan: “Kami sedang memeriksa rincian pengumuman kemarin dan kami masih tertarik untuk mengajukan penawaran.Jelas ini adalah masa ketidakpastian besar bagi semua penggemar Chelsea. Dalam pandangan kami, tidak ada pemilik klub sepakbola – Anda adalah penjaganya untuk para penggemar dan komunitas,” sebutnya. ****

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement