Connect with us

Olahraga

Formula One (F1) 2022: Hamilton Jadi Warga Negara Kehormatan Brasil

Avatar

Diterbitkan

pada

Juara dunia  balap Formula One (F1)  tujuh kali Lewis Hamilton. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Juara dunia  balap Formula One (F1)  tujuh kali Lewis Hamilton akan menjadi warga negara kehormatan Brasil dengan pemilihan suara yang dilakukan di parlemen.

Meski asli Inggris, Hamilton memiliki hubungan emosional yang cukup kuat dengan Brasil. Ia memenangi gelar pertamanya di Brasil pada tahun 2008, sementara helmnya yang kerap didominasi warna kuning, dianggap sebagai penghormatan untuk pahlawan masa kecil dan juara F1 tiga kali Ayrton Senna.

Usulan untuk menjadikan Hamilton sebagai warga negara kehormatan diajukan oleh anggota kongres Andre Figueiredo, setelah pebalap Mercedes itu mengibarkan bendera Brasil dari kokpit menyusul kemenangannya di Grand Prix Sao Paulo 2021. Tanggapan penonton lokal kala itu gempita dengan meneriakkan namanya bersama dengan nama Senna.

Hamilton menikmati salah satu akhir pekan terbaik dalam karir F1-nya di Interlagos, bangkit dari diskualifikasi karena pelanggaran teknis dalam kualifikasi untuk memenangkan grand prix di depan saingan gelar Max Verstappen.

Pemungutan suara belum dilakukan oleh majelis rendah parlemen Brasil, tetapi calon presiden dan anggota partai PDT Figueiredo, Ciro Gomes, telah menyatakan dukungannya baru-baru ini di media sosial.

Advertisement

“Hamilton, Anda sudah hidup di hati kami. Dengan kewarganegaraan kehormatan, Anda akan lebih dekat dengan kami.”

Hamilton kemudian menjawab di akun media sosialnya. “Saya akan merasa terhormat”, sebut Hamilton.

Tak lama setelah men-tweet, bendera Brasil dengan 84 emoji menghiasi twitter Hamilton. ****

Advertisement
Lanjutkan Membaca