Home News Italia Ciptakan Sejarah di Piala Eropa 2020

Italia Ciptakan Sejarah di Piala Eropa 2020

oleh Joko Ham
Timnas Italia. (Ist)

Timnas Italia. (Ist)

FAKTUALid – Timnas Italia sukses mencukur  timnas Turki 3-0 di pertandingan perdana pembukaan Piala Eropa 2020 di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (12/6/2021).

Dilansir dari Whoscored, sepanjang laga Timnas Italia memperoleh 63,4 persen penguasaan bola dan timnas mendapat 36,6 persen sisanya.

Aksi Berardi yang menggocek-gocek di sisi kiri kotak penalti timnas Turki berhasil membuatnya mendapat ruang untuk melepaskan umpan kepada rekannya yang menunggu di muka gawang.

Tanpa pikir panjang, Berardi pun langsung melepaskan umpan yang sedikit melayang menggunakan kaki kanannya.

Bek timnas Turki, Merih Demiral, yang berada di muka gawang berusaha memblok laju bola menggunakan badannya.

Usaha Merih Demiral itu justru membuat bola berbelok ke arah gawangnya sendiri dan Cakir tidak sempat menghentikannya. Italia satu, Turki nol.

Selain membuat timnas Italia unggul, gol bunuh diri ini juga menjadi sebuah momen bersejarah di sepanjang gelaran Piala Eropa.

Dari Opta, ini adalah kali pertama dalam sejarah Piala Eropa bahwa gol pertama dalam turnamen tercipta lewat gol bunuh diri.

Akhirnya, menit ke-66, Italia sukses menggandakan keunggulan. Sepakan voli kaki kanan Leonardo Spinazzola yang dibuat dari kotak penalti berhasil ditepis oleh Cakir dan menghasilkan bola rebound.

Insigne membawa timnas Italia semakin menjauh dari kejaran timnas Turki dengan mencetak gol ketiga Gli Azzurri pada menit ke-79. Kedudukan berakhir 3-0 untuk timnas Italia.

Selain menang, Italia menciptakan sejarah di Piala Eropa baha gol pertama diciptakan melalui gol bunuh diri. ***

You may also like

Tinggalkan Komentar