Connect with us

Nusantara

Pura Mangkunegaran Solo Menunjuk GPH Bhre Sebagai KGPAA Mangkunegara X

Avatar

Diterbitkan

pada

 

Pura Mangkunegaran Solo, telah menunjuk Gustri Bhre sebagai KGPAA Mangkunegara X. (Foto: istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA : Pura Mangkunegaran Solo, secara resmi telah menunjuk Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X menggantikan ayahnya KGPAA Mangkunegara IX yang meninggal bulan Agustus 2021 lalu.

Pengumuman resmi tersebut disampaikan oleh Wedono Satriyo Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat  didampingi kerabat di Pura Mangkunegaran Solo, Selasa (1/3/2022). Rencananya, pengukuhan atau tata cara adat  jumenengan akan dilaksanakan 12 Maret 2022 mendatang atau 8 ruwah alip 1955 menurut penanggalan Jawa.

“Keluarga telah menunjuk  GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo untuk di jumenengkan menjadi KGPP Mangkunegara X,” jelas Wedono Satriyo Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat.

Lilik mengatakan sesuai dengan aturan adat, Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegaran IX mendukung dan  menentukan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegara X.

Advertisement

“Keluarga sudah musyawarah terkait hal ini dan hasilnya  Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegaran IX mewakili keluarga dan sederek dalem menunjuk GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegara X,” jelasnya lagi.

Pada kesempatan itu, Lilik membacakan pengumuman atau woro-woro yang dibacakan dalam Bahasa Jawa.

Dalam surat tersebut Prameswari Dalem, Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX, memerintahkan kepada GRAy Retno Satuti Suryohadiningrat dan GRAy Retno Rosati Notohadiningrat mewakili keluarga dan KGPH Mangkunegara IX untuk menyampaikan pengumuman.

Terdapat dua poin penting dalam pengumuman tersebut. Yakni untuk diketahui setelah surud dalem (meninggalnya) KGPAA Mangkunegara IX pada Jumat 13 Agustus 2021 dilakukan pertemuan keluarga. Pertemuan tersebut melibatkan keluarga dan saudara dari KGPAA Mangkunegara IX.

Setelah pertemuan keluarga dan kerabat lainnya, sesuai aturan adat dengan tulus ikhlas dan sepakat serta mendukung kepada Prameswari Dalem GKP Mangkunegara IX menobatkan Putra Dalam GPH Hario Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwo, SH sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Mangkunegoro X.

Advertisement

GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo adalah putra bungsu hasil pernikahan KGPAA Mangkunegara IX dengan Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX. Bhre lahir pada tanggal 29 Maret 1997 dan saat ini masuk usia 24 tahun.

Gusti Bhre merupakan saudara tiri dari GPH Paundrakarna dan GRAy Putri Agung Suniwati atau Menur.  Paunda dan Menur adalah anak dari KGPAA Mangkunegara IX dari pernikahan pertamanya dengan putri Bung Karno, Sukmawati Sukarnoputri.

Ditunjuknya Gusti Bhre sebagai penerus KGPAA Mangkunegara IX tersebut dilakukan setelah tujuh bulan terjadi kekosongan kekuasaan. ***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement