Connect with us

Nusantara

Kemantren Langenpraja Pura Mangkunegaran Solo Lakukan Roadshow ke 3 Negara

Avatar

Diterbitkan

pada

KGPAA Mangkunegara X bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka . (Foto: istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Kemantren Langenpraja, Pura Mangkunegaran Solo akan menggelar Kemantren Langenpraja International Roadshow 2022 ke sejumlah negara.

Event tersebut digelar untuk mengenalkan budaya Jawa khususnya Pura Mangkunegaran melalui tarian ke masyarakat internasional.

Roadshow tersebut diawali dengan berpartisipasi dalam Borneo Cultural Festival di Dataran Tun Tuanku Bujang, Sibu, Malaysia pada tanggal 19-23 Juli 2022.

Selanjutnya akan tampil dalam acara   Indonesia Day di Museum Boola Bardip, Perth, Australia pada 20 Agustus 2022. Rangkaian roadshow terakhir di Thailand pada tanggal 16-18 September 2022 dalam acara Trade, Tourism, Investment and Cultural (TTIC) Forum di Siam Square One, Bangkok, Thailand.

“Kebudayaan Puro Mangkunegaran ingin kami perkenalkan dan kembangkan untuk masyarakat seluas-luasnya, baik di dalam negeri maupun di luar negeri,”  jelas Raja Pura Mangkunegaran Solo, KGPAA Mangkunegara X, Sabtu (16/7/2022).

Advertisement

Menurut Mangkunegara X, saat ini pun sudah ada banyak budaya Indonesia yang menjadi warisan budaya dunia. Berdasarkan pemikiran tersebut, pihaknya melihat adanya kerinduan, ketertarikan, dan kesempatan untuk menampilkannya di luar negeri.

“Puro Mangkunegaran mengirimkan Kemantren Langenpraja supaya masyarakat internasional bisa melihat langsung dari sumbernya,” jelasnya lagi.

Relasi internasional di bidang kebudayaan ini sebenarnya sudah dilaksanakan oleh Pura Mangkunegaran di era penguasa Mangkunegaran sebelumnya. Untuk itu pihaknya berharap dengan event tersebut bisa menghidupkan kembali hubungan kerja sama tersebut.

Kemantren Langenpraja sebagai departemen kesenian resmi Puro Mangkunegaran di bawah binaan GRAj. Ancillasura Marina Sudjiwo.

Roadshow tersebut diinisiasi oleh KGPAA Mangkunegara X  bekerjasama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Kuching, Sarawak, Malaysia serta Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Perth, Australia dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok, Thailand. ***

Advertisement

Lanjutkan Membaca