Connect with us

Nusantara

Kantor Kemenag Solo Fasilitasi Pelaksanaan Shalat Id Hari Sabtu dan Minggu

Avatar

Diterbitkan

pada

Kepala Kemenag Solo Hidayat Maskur. (Foto: istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA:  Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Solo memfasilitasi pelaksanaan shalat Idul Adha (shalat Id) untuk hari Sabtu (9/7/2022) dan Minggu (10/7/2022).

“Kita memfasilitasi keduanya, saat ini masih proses pemdataan. Data masih berjalan berapa tempat pelaksanaan shalat Id baik Sabtu atau Minggu,” jelas Kepala Kemenag Solo, Hidayat Maskur, Kamis (7/7/2022).

Pelaksanaan shalat Id bisa dilakukan di lapangan, masjid atau tempat-tempat terbuka lainnya.

Pihaknya mengingatkan pelaksanaan shalat Id tetap harus menerapkan protokol kesehatan (prokes). Setiap tempat penyelenggaran wajib menunjuk 1 penanggungjawab pelaksanaan prokes.

“Nanti ada 1 orang yang memastikan pelaksanaan di tempat itu telah menerapkan prokes,” jelasnya lagi.

Advertisement

Sementara itu terkait pembagian daging hewan kurban, Hidayat mengatakan akan dilakukan dengan mengantar langsung ke rumah-rumah. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Nomor SE 10 Tahun 2022 tentang Pandauan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi.

“Pembagian hewan kurban tidak boleh masyarakat yang mengambil tapi panitia yang mengantarkqn ke rumah penerima. Tidak seperti dulu ada kupon, sekarang tidak ada kupon jadi semua diserahkan ke penerima,” paparnya.

Terkait penyakit kuku dan mulut, Hidayat mengatakan prinsipnya petugas penyembilih hewan kurban harus menerapkan prokes. Diantaranya tetap memakai sarung tangan.

“Prinsipnya gak menular ke manusia tapi tetap hati-hati. Kalau gejalanya nerat sesuai fatwa MUI gak boleh digunakan sebagai hewan kurban,” katanya.

Sedangkan hewan yang bergejala sedang dan ringan, jika tidak menimbulkan mudharat bagi orang, masih bisa dimanfaatkan.

Advertisement

“Hati-hati saja, potong bagian yang tidak bisa dikonsumsi seperti kuku, mulut, lidah. Itu kan biasa kita konsumsi juga, jadi kalau terindikasi PMK buang saja,” katanya lagi.

Kemenag Solo bersama Dinas Pertanian Solo juga akan berkeliling melakukan pemantauan hewan kurban di Solo.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga mengatakan pelaksanaan shalat Id di Kota Solo bisa dilaksanakan di lapangan dan masjid serta di ruang terbuka lainnya. ***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement