Home NasionalNusantara Kunjung Ke Kesultanan Bulungan, LaNyala Matalitti Beberkan Rencana Temu Raja-Sultan

Kunjung Ke Kesultanan Bulungan, LaNyala Matalitti Beberkan Rencana Temu Raja-Sultan

oleh Bambang

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti diterima Kesultanan Bulungan. (ist)

FaktualID – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, sebagai wakil daerah, akan selalu mendorong Pemerintah Pusat dan Daerah untuk memperhatikan dan melindungi kerajaan di Nusantara guna mendukung berbagai upaya pelestarian nilai-nilai tradisi beserta peninggalan kerajaan sebagai bagian dari upaya pembangunan kebudayaan Nasional.

Hal ini disampaikan Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, dengan kedatangannya bersama rombongan ke Kesultanan Bulungan sebagai wujud nyata dari komitmen DPD RI dalam menjaga keberlangsungan kerajaan di Nusantara.

“Sejarah panjang Kesultanan Bulungan Ketua dicatat dengan tinta emas dan ini bagian dari mozaik sejarah yang patut kita teladani,” kata LaNyalla saat mengunjungi Kesultanan Bulungan di Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Rabu (26/5/2021).

Dalam kesempatan itu, LaNyalla juga menyampaikan rencana DPD RI menggelar pertemuan Raja dan Sultan se-Nusantara di Jakarta. “Tujuannya untuk untuk menyuarakan kepentingan dan eksistensi Kerajaan Nusantara sebagai bagian dari penguat dan pengikat nilai kebudayaan dan sejarah kelahiran Indonesia,” ucap LaNyalla.

Kesultanan Bulungan berdiri sekitar abad ke-16 Masehi dengan kekuasaan wilayah administratif meliputi Bulungan, Tana Tidung, Malinau, Nunukan, Tarakan, bahkan hingga Jawi atau yang sekarang disebut Sabah, Malaysia.

Ketua DPD RI datang ke Kesultanan Bulungan bersama sejumlah senator, diantaranya Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi, Wakil Ketua Komite II DPD RI Bustami Zainudin, Ketua Komite III DPD RI Sylviana Murni, Senator asal Sumatera Selatan Jialyka Maharani, Andi Muh Ihsan (Sulawesi Selatan) dan Sekjen DPD RI Rahman Hadi. Turut juga dalam rombongan tiga Senator Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Utara, yakni: Martin Billa, Hasan Basri dan Fernando Sinaga (Wakil Ketua Komite). Rombongan disambut akrab oleh Kesultanan Bulungan. (F4)

You may also like

Tinggalkan Komentar