Home NasionalIbu Kota Tren Ikan Cupang Membuat Iyud Banting Stir Dari Juru Parkir

Tren Ikan Cupang Membuat Iyud Banting Stir Dari Juru Parkir

oleh Bambang

Iyud menjaga lapak ikan cupang dagangannya. (Farhanzuhdi)

FAKTUALid – Bisnis ikan hias, salah satunya ikan cupang, saat ini sangat tren dan digemari oleh masyarakat umum mulai dari kalangan bawah sampai kalangan atas.

Terlebih di masa pandemi Covid-19 membuat bisnis ikan cupang kian marak. Banyaknya aktivitas masyarakat di rumah membuat hobi memelihara ikan cupang kian digemari. Hal itu menjadi rezeki tersendiri bagi penjual ikan cupang.

Salah satunya Iyud, salah satu penjual ikan cupang di kawasan Pasar Hewan Jatinegara, Jakarta Timur, pria yang dahulu menjadi tukang parkir sekarang banting setir menjadi penjual ikan cupang. Dirinya melihat peluang bisnis yang cukup menjanjikan dari bisnis tersebut.

“Saya awalnya tukang parkir di sini mulai tahun 2017, karena emang hobi juga. Baru pas awal pandemi tahun kemarin saya hijrah jualan ikan cupang, saya lihat-lihat cupang rame saya coba aja jual ikan cupang,” ujar Iyud pria 33 tahun.

Berawal dari hobi, Iyud mencoba peruntungan di bisnis ikan cupang. Alasannya beralih profesi karena tuntunan ekonomi ingin menambah penghasilan guna memenuhi kebutuhan hariannya.

Iyud menuturkan penjualan ikan cupang pada hari biasa mencapai Rp 300 ribu dan Rp 900 ribu saat akhir pekan. “Omset sehari kalo hari biasa paling dapet Rp 300 ribu kalo weekend lumayan tuh bisa Rp 900 ribu perharinya.” Kata Iyud saat ditemu di sela waktu berjualan.

Dalam kurun waktu 6 bulan terakhir, dirinya menuturkan harga ikan cupang sedikit anjlok. Hal ini dikarenakan banyak yang mem breeding membuat jenis-jenis baru bermunculan.

“Udah 6 bulan saya jual sama rata Rp 35 ribuan, 6 bulan lalu tiap-tiap ikan harganya beda-beda. Banyak yang breeding juga jadi harga agak merosot,” kata Iyud.

Untuk mensiati hal tersebut, kata Iyud, dia melakukan bisnis ikan cupang melalui media sosail seperti facebook dan whatsapp. Terobosan tersebut terbukti mampu menambah omset hariannya bahkan dirinya sudah menjual ikan cupang ke Yogyakarta.

“Peminat ikan cupang banyak diluar kota jadi kita main online, biasanya lewat facebook dan whatsapp. Alhamdulillah kemaren udah kirim beberapa pesenan ke Yogya,” jelas Iyud.

Untuk saat ini dirinya hanya menjual ikan cupang, ke depannya ia akan menambahkan jenis ikan hias ikan seperti Ikan Guppy.

“Nanti sih Insya Allah bakal jual ikan Guppy karena kan tren Aqua Scape lagi marak nih. Kita mah cari peluang aja, syukur-syukur bisa tambah-tambah uang harian,” harapnya. (Farhanzuhdi)

You may also like

Tinggalkan Komentar