Home NasionalIbu Kota Kasus Covid-19 Melonjak, Kantor Walikota Jakut Digunakan Isolasi Mandiri

Kasus Covid-19 Melonjak, Kantor Walikota Jakut Digunakan Isolasi Mandiri

oleh Bambang

Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim ketika meninjau lokasi. (ist)

FAKTUALid – Melonjaknya kasus covid-19 di Jakarta Utara membuat jajaran Pemkot Jakarta Utara berinisiatif mengambil langkah cepat dengan menjadikan Kantor Walikota sebagai lokasi isolasi mandiri (isoman) bagi pasien covid 19 yang tidak lagi mampu ditampung di sejumlah rumah sakit.

Ada tiga lokasi yang dijadikan sebagai ruang isolasi yakni, Balai Yos Sudarso, lantai dua, dan lantai tiga kantor walikota. Ketiga ruangan isolasi ini mampu menampung sedikitnya 30 pasien dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana memadai.

“Kita langsung mengambil langkah cepat dengan memanfaatkan kantor walikota sebagai ruang isolasi mandiri bagi pasien covid 19. Kita berupaya mendukung langkah untuk mengantisipasi membludaknya pasien covid 19,” kata Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, saat memimpin pelaksanaan rapat koordinasi lokasi isolasi mandiri di Ruang Pola Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Minggu (4/7/2021).

Menurut Ali, rencananya ruang isolasi mandiri itu akan disediakan di Balai Yos Sudarso, lantai dua dan tiga. Dimana masing-masing lantai mampu menampung minimal 30 orang, untuk totalnya dapat menampung 60 orang. “Jika angka penyebaran COVID-19 terus meningkat, maka kita siapkan Gedung Blok T Kantor Walikota. Kita siapkan empat lantai, yakni lantai lima, enam, tujuh dan delapan. Kami sedang melakukan perapihan agar lokasi layak dijadikan lokasi isolasi mandiri,” jelasnya.

Ali mengatakan pada lokasi isolasi mandiri tersebut disiapkan tempat tidur, akomodasi, alur pelayanan serta petugas yang melakukan pengawasan. “Selain melibatkan ASN, kita juga mengajak banyak pihak untuk berkolaborasi, bersama-sama membantu menyediakan kebutuhan, seperti kasur atau tabung oksigen,” tuturnya.

Penyemprotan Disinfektan

Sementara Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara melakukan penyemprotan disinfektan di Balai Yos Sudarso. Kegiatan ini dilakukan untuk membersihkan lokasi isolasi mandiri.

Kepala Sudin Gulkarmat Jakarta Utara, Rahmat Kristiantoro, mengatakan, sebelum digunakan sebagai tempat isolasi, Balai Yos Sudarso disemprot disinfektan. “Sebelum digunakan sebagai lokasi isolasi mandiri, kita pastikan Balai Yos Sudarso bersih terlebih dulu,” katanya.

Rahmat menerangkan dalam pembersihan Balai Yos Sudarso digunakan cairan Eco Enzym. “Kita bersihkan dengan cairan disinfektan Eco Enzym dari Sudin Lingkungan Hidup (LH). Kita semprot semua lokasi, yang pertama pintu masuk lantai dasar, disusul pada lokasi terpenting, yakni lantai dua dan tiga sebagai tempat isolasi mandiri,” jelasnya. ***

You may also like

Tinggalkan Komentar