Home News Pemakaman Pasien Covid-19 di DKI Melonjak 10 Kali Lipat dalam Sepekan

Pemakaman Pasien Covid-19 di DKI Melonjak 10 Kali Lipat dalam Sepekan

oleh Bambang

Pemakaman kasus Covid-19. (ist)

FAKTUALid – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan jumlah pemakaman dengan protokol Covid-19 di DKI Jakarta mengalami kenaikan drastis melonjak 10 kali lipat.

“Peringatan dari @dkijakarta, update Data Pemakaman dengan prototol COVID-19 di DKI Jakarta, 1 Mei – 3 Juli 2021. Beberapa hari terakhir, jumlahnya tercatat meningkat 10x lipat jika dibandingkan pada awal bulan Mei 2021,” tulis Anies dalam caption akun instagramnya @aniesbaswedan, Minggu (4/7/2021).

Peringatan sama disampaikan Anies dalam acara webinar DPW PKS DKI JAKARTA bertajuk Zikir, Doa dan Muhasabah untuk Jakarta Sehat, Minggu (4/7/2021). Ia menyebut sepekan terakhir pelayanan pemakaman akibat Covid-19 mengalami lonjakan.

“Saya perlu sampaikan di Jakarta bahwa sepekan ini bukan saja memperhitungkan pelayanan kesehatan, tetapi tapi juga memperhatikan pelayanan pemakaman. Sabtu 26 Juni-3 Juli . Sabtu 26 Juni 157 pemakaman, hari minggu 144, senin 193 , selasa 279, rabu 237, kamis 301, Jumat 365, Sabtu 396,” kata Anies.

Menurut Anies, informasi yang disampaikan bukan sekadar angka. Ini adalah nyawa warga yang meninggal lantaran Covid-19.
“Hari ini angkanya merendah 396 itu, bukan angka statsitik itu adalah seorang manusia yang jumlahnya 396 pada dua tiga minggu lalu keadaannya sehat wal afiat. Mereka masih bersama dengan keluarganya hingga mereka terpapar dan kondisi hidupnya berubah,” kata Anies.

Anies berdoa agar yang ditinggalkan diberikan kesabaran. Serta wabah di Jakarta dan seluruh negara bisa terselesaikan.

“Ini adalah pertambahan kuburan, pertambahan kuburan adalah duka cita di setiap keluarga yang ada di Jakarta, ini adalah rakyat kita yang harus kita lindungi, ini kisah tentang sodara kita orangtua kita,” jelasnya.

Sementara diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencatat kembali rekor tertinggi pemakaman dengan protokol tetap (Protap) Covid-19. Pada Kamis (1/7/2021), sebanyak 301 jenazah dikubur dengan Protap Covid.

Mengutip informasi Pemprov melalui akun instagram @dkijakarta, jumlah jenazah saat itu melebihi kapasitas dari kemampuan Dinas Pemakaman, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota.

“Lebih dari dua kali lipat kemampuan Dinas Kesehatan dan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, yaitu 150 per hari,” demikian unggahan Pemprov yang dikutip pada Sabtu (3/7/2021).

Lonjakan kasus kematian selaras dengan peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 sejak Juni 2021. Agar proses pemakaman berjalan lancar, Pemprov DKI Jakarta dibantu 318 relawan dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jakarta untuk proses pemulasaran.

Selain relawan, Pemprov juga mendapat bantuan tambahan 268 unit mobil ambulans dari tempat-tempat ibadah di Jakarta.

“Sangat membantu sehingga 301 jenazah bisa dimakamkan selesai pukul 18.00 WIB,” kata salah satu petugas pemakaman yang enggan disebutkan namanya. ***

 

You may also like

Tinggalkan Komentar