Connect with us

Wisata

4 Tips Mencegah Badan Pegal saat Berkemah, Bebas dari Sakit Punggung

Avatar

Diterbitkan

pada

Tips mencegah badan pegal saat berkemah

Ilustrasi berkemah (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Berkemah atau camping belakangan ini sering dilakukan masyarakat Indonesia. Tapi, kegiatan berkemah kerapkali membuat badan pegal dan sakit punggung yang menggangu kenyamanan. Jika demikian, penting untuk mengetahui tips mencegah badan pegal saat berkemah agar camping lebih menyenangkan.

Kegiatan berkemah umumnya dilakukan di alam terbuka seperti bukit, gunung, hutan, atau pantai. Kegiatan ini dapat membuat suasana dan pengalaman baru yang menyenangkan. Berbeda dengan hotel, berkemah dilakukan menggunakan tenda dan minim dari rasa nyaman saat tidur.

Ketika bangun di pagi hari, tak jarang badan menjadi pegal-pegal. Sebelum hal tersebut terjadi, sebaiknya terapkan tips mencegah badan pegal saat berkemah. Dengan begitu, diharapkan Anda bisa terbebas dari badan pegal dan sakit punggung.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Hipotermia di Gunung, Para Pendaki Wajib Tahu!

Berikut beberapa tips mencegah badan pegal saat berkemah yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Siapkan matras atau kasur udara

Tips mencegah badan pegal saat berkemah

Ilustrasi seorang ayah dan anaknya membeli matras (Foto: Istimewa)

Tips mencegah badan pegal saat berkemah yang pertama yaitu menyiapkan matras atau kasur udara. Tidur di alam bebas seringkali permukaannya keras dan lembap. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan matras kemah atau kasur udara ketika camping.

Ketika membeli, pastikan alat tersebut berkualitas. Selain membelinya di toko, Anda juga bisa membelinya di marketplace. Matras atau kasur udara untuk berkemah cukup bervariasi dengan kualitas dan harga yang berbeda.

Advertisement

Jika berkemah jangka pendek, mungkin bisa saja tidak menggunakan kedua perlengkapan ini. Sedangkan dalam jangka waktu yang panjang, Anda sangat membutuhkan peralatan tersebut dengan kualitas terbaik. Pasalnya, kualitas yang buruk bisa menyebabkan kerusakan punggung.

2. Memilih lokasi berkemah

Tips mencegah badan pegal saat berkemah

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Saat memutuskan camping di bukit, gunung, pantai, atau alam terbuka lainnya, sebaiknya pilih permukaan yang tidak keras. Setelah itu, tips mencegah badan pegal saat berkemah dilanjutkan dengan memasang tenda, alas tidur, dan menyiapkan peralatan lainnya.

Anda bisa membersihkan area terlebih dahulu sebelum mendirikan tenda untuk memastikan permukaan yang nyaman. Pastikan tidak ada batu besar atau tongkat yang bisa menyebabkan badan pegal dan sakit punggung. Supaya tidur lebih nyaman, Anda bisa memanfaatkan kantung tidur dan bantal sebagai pelengkap.

Baca juga: Glamping Mandalika Sukses Jadi Akomodasi Alternatif Penonton MotoGP 2022

3. Membagi rata beban peralatan yang dibawa

Tips mencegah badan pegal saat berkemah

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Tips mencegah badan pegal saat berkemah berikutnya yaitu membagi seluruh beban peralatan sama rata. Membagi rata beban yang dibawa menghindari kelebihan beban, badan pegal, dan sakit punggung bila berkemah bersama teman atau kelompok.

Sebaiknya membawa peralatan dan perlangkapan tas yang lebih ringan agar Anda dapat mendistribusikan beban secara lebih merata dan mengurangi ketegangan pada punggung. Ketika berkemah, Anda perlu berhati-hati dalam berkemas sebab membawa dan mengangkat barang-barang berat secara berlebihan dapat berpotensi melukai punggung.

4. Tidur dengan posisi yang tepat

Selain membagi rata beban, tips mencegah badan pegal saat berkemah juga perlu mengatur posisi tidur dengan tepat. Jangankan di tenda, tidur di kasur dengan posisi tidak tepat pun seringkali membuat badan pegal.

Itulah mengapa Anda perlu menyesuaikan posisi saat menginap di tenda, terlebih para pemula atau orang yang baru pertama kali berkemah. Dengan posisi yang tepat, tidur akan jadi lebih nyaman sepanjang malam.

Advertisement

Cobalah tidur dalam posisi di mana tulang belakang berada dalam garis lurus guna membantu menghindari sakit leher dan punggung.

Itulah beberapa tips mencegah badan pegal saat berkemah. Camping atau berkemah memang pengalaman yang menangkan. Setelah menerapkan tips diatas, Anda tidak perlu khawatir merasa pegal saat menginap di tenda.***

Baca juga: Rekomendasi 7 Tempat Wisata Keluarga di Ciwidey, Kab Bandung

Lanjutkan Membaca
Advertisement