Connect with us

Wisata

Glamping Mandalika Sukses Jadi Akomodasi Alternatif Penonton MotoGP 2022

Avatar

Diterbitkan

pada

glamping mandalika

Glamping Eigercamp x Bobobox di Pantai Kuta Mandalika, Lombok Tengah (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Para penonton MotoGP Mandalika 2022 yang tidak mendapatkan hotel, bisa memilih Glamping Mandalika yang berada di Pantai Kuta sebagai akomodasi alternatif. Dari 75 Tenda yang disediakan, 100 persen sudah ludes terjual dan mendapatkan respons positif.

Hal tersebut dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, Glamping Eigercamp x Bobobox di Pantai Kuta Mandalika, Lombok Tengah ini menjadi wujud inovasi akomodasi alternatif terkait MotoGP Mandalika 2022.

“Ini adalah babak baru penyelesaian masalah keterbatasan akomodasi yang dapat mendatangkan peluang dan keuntungan bagi masyarakat di sini,” kata Sandiaga saat berkunjung ke lokasi glamping, dikutip dari keterangan tertulis melalui Antara, Minggu (20/03/2022).

Wisata glamping atau glamorous camping merupakan jenis wisata yang menawarkan kemudahan bagi wisatawan yang ingin merasakan berkemah tetapi tidak perlu repot menyiapkan tenda dan peralatan sendiri. Biasanya lokasi wisata glamping sudah menyediakan set tenda dan peralatan kemah.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Hotel Terapung Untuk Menampung Pengunjung MotoGP Mandalika

Diketahui, glamping Mandalika 60 persen tendanya diisi oleh para penonton MotoGP. Sedangkan 40 persen lagi, ditempati oleh kru-kru internasional dan pelaku UMKM kuliner yang berada di sekitar lokasi.

Advertisement

“Inilah inovasi, adaptasi, dan kolaborasi hasil komitmen kuat pemerintah pusat dan daerah. Kolaborasi ini menghasilkan solusi dalam konsep 3G yaitu gercep (gerak cepat), geber (gerak bersama), dan gaspol (garap semua potensi di lapangan),” ujar Sandiaga.

Di dalam tenda, sudah dilengkapi dengan matras dan aliran listrik. Untuk sarana lainnya seperti tempat ibadah, toilet, hingga sarana sanitasi juga sudah tersedia di Gedung ITDC Mandalika.

Tipe dan harga glamping Mandalika

Tenda glamping Mandalika ini menyediakan dua tipe, yakni tenda berukuran kecil dengan kapasitas dua orang seharga Rp 612.000 per malam dan tenda berukuran besar yang dapat menampung empat orang dengan harga Rp 816.000 per malam.

“Selain itu, view yang disuguhkan di sini tidak ternilai harganya. Bayangkan, saat kita bangun tidur di pagi hari kita langsung disuguhi pemandangan Pantai Kuta Mandalika yang belum tentu tersedia di hotel-hotel konvensional,” ucap mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.***

Baca juga: 5 Desa Wisata Dekat Mandalika, Pilihan Destinasi Wisata Usai Nonton MotoGP 2022

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement