Connect with us

Otomotif

5 Tips Merawat Velg Mobil Supaya Awet dan Tetap Kinclong!

Avatar

Diterbitkan

pada

tips merawat velg mobil

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Setelah memiliki mobil, banyak pemilik tidak tahan dengan tampilnya standar. Oleh karena itu, banyak yang memutuskan untuk mengganti pelek atau velg mobilnya supaya terlihat lebih trendi. Apapun jenis velgnya, pemilik perlu mengetahui tips merawat velg mobil agar awet dan bebas penyok.

Sejatinya, perawatan velg menjadi hal yang wajib dilakukan bagi setiap pengendara mobil yang wajib dilakukan secara rutin. Tujuannya adalah supaya mobil tetap dalam keadaan prima dan memberikan kenyamanan saat berkendara.

Tak hanya perawatan berkala, cara mengemudi juga bisa menentukan kualitas velg. Apabila pemilik mobil sering menerobos jalan berlubang, kemungkinan velg penyok atau “speleng” sangat besar. Selain tidak nyaman, nantinya velg akan tidak sedap dipandang. Lantas, apa saja tips merawat velg mobil?

Baca juga: Inilah Dampak Negatif Pakai Semir Ban Mobil Terlalu Sering

Berikut beberapa tips merawat velg mobil yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Periksa kondisi ban

tips merawat velg mobil

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Tips merawat velg mobil yang pertama yaitu rutin memeriksa kondisi ban. Pasalnya, ban yang tipis menjadi salah satu faktor yang membuat velg cepat rusak. Ketika tak sengaja menghantam lubang saat ban tipis, maka langsung berpengaruh ke velg dan membuatnya rusak.

Pastikan juga untuk memerhatikan kondisi tekanan angin karena ini juga bisa merusak velg meski menggunakan ban yang tebal. Tak hanya itu, ukuran ban yang tidak sesuai ternyata bisa merusak velg. Mulai sekarang, perhatikan 3 hal tersebut agar velg tidak cepat rusak.

Advertisement

2. Mencuci velg

tips merawat velg mobil

Ilustrasi mencuci velg (Foto: Istimewa)

Mencuci velg menjadi keharusan yang tak boleh terlewatkan. Tips merawat velg mobil ini perlu dilakukan agar tetap bersih dan terhindar dari jamuran. Sebab, kotoran yang menempel bisa menyebabkan munculnya jamur.

Ketika mencucinya, sebisa mungkin hindari mencuci pada suhu yang panas. Diamkan dulu sejenak sebelum mengguyurnya dengan air. Soalnya suhu panas bisa membuat velg berubah bentuk dan menimbulkan jamur.

3. Gunakan alumunium foil untuk membasmi karat

Bila bagian velg terdapat noda karat, Anda tak perlu khawatir. Anda bisa memanfaatkan alumunium foil untuk menghilangkannya sehingga velg kembali kinclong dan mengkilap. Alumunium foil lebih cocok digunakan untuk velg-velg chrome.

Untuk mengaplikaskannya, cuci terlebih dahulu velg hingga bersih dan tambahkan sedikit cuka dan garam. Supaya lebih efektif, basahi alumunium foil dengan cuka dan air garam, kemudian gosokkan dengan sedikit memberikan tekanan pada bagian karat yang ingin dibersihkan.

Baca juga: 8 Kebiasaan Mengemudi Mobil yang Salah, Sering Dilakukan?

Jika karat yang ada pada velg sudah hilang, cuci kembali velg dan olesi cairan khusus velg mobil yang akan membuat velg jadi mengkilap.

4. Rutin balancing roda

tips merawat velg mobil

Ilustrasi balancing ban mobil (Foto: Istimewa)

Tips merawat velg mobil berikutnya yaitu balancing roda secara rutin. Menurut Chicko, Kepala Cabang F20 Wheels, balancing perlu dilakukan setiap 3 bulan sekali. Ada beberapa indikasi yang mengharuskan Anda melakukan balancing, salah satunya adanya getaran di roda.

“Balancing biasanya dilakukan 3 bulan sekali, dan yang terpenting itu juga pengecekan angin yang bisa dilakukan satu minggu sekali, karena ban dan velg itu saling terkait,” katanya, mengutip otodriver.

Advertisement

5. Perhatikan kondisi jalan

Sudah diketahui bahwa penyebab velg cepet rusak yang paling utama adalah sering menghantam lubang di jalan. Memang kualitas jalanan di Indonesia tidak terlalu bagus sehingga kerap menimbulkan banyak lubang.

Sebagai tips merawat velg mobil, kurangi kecepatan jika melintasi jalanan yang permukaannya tidak rata atau rusak. Hal ini perlu dilakukan agar suspense dapat bekerja untuk meredam benturan. Jika velg rusak, segara perbaiki supaya kembali ke bentuk semula dengan hasil yang lebih maksimal.***

Baca juga: 6 Langkah Antisipasi Saat Pecah Ban Pada Mobil di Perjalanan, Ketahui Sebelum Terjadi!

Lanjutkan Membaca
Advertisement