Home Lifestyle 7 Cara Mengatasi Rambut Lepek Saat Hamil

7 Cara Mengatasi Rambut Lepek Saat Hamil

oleh Hana Chaniago
cara mengatasi rambut lepek saat hamil

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Rasanya bukan rahasia lagi jika jika kehamilan membawa banyak perubahan fisik. Salah satunya dapat menyebabkan rambut lepek. Lantas, bagaimana cara mengatasi rambut lepek saat hamil?

Dilansir dari WebMD, rambut biasanya tumbuh dalam 3 fase, yaitu pertumbuhan aktif, istirahat dan kerontokan. Seseorang mengalami kerontokan rambut 100 rambut setiap hari merupakan hal yang wajar.

Keluarnya minyak berlebih dari kulit kepala dapat membebani setiap helai rambut rontok kamu yang pada akhirnya dapat membuatnya terlihat lebih lemas dan tipis.

Selain itu, rambut lepek saat hamil juga disebabkan oleh cara keramas dan menyisir tau penggunaan produk perawatan rambut yang kurang tepat.

Berikut beberapa cara mengatasi rambut lepek yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Memilih Produk Perawatan yang Tepat

Cara mengatasi rambut lepek saat hamil yang pertama adalah memilih produk perawatan yang tepat. Menggunakan produk yang dibuat khusus untuk menebalkan dan menambah volume pada rambut mungkin dapat membantu.

Jika kamu memiliki indra penciuman lebih tajam saat hamil, lebih baik kamu memilih sampo dan kondisioner yang bebas pewangi untuk kenyamanan kamu. Setelah selesai keramas, aplikasikan serum rambut yang dapat membantu rambut mempertahankan volumenya sepanjang hari.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Rambut Mengembang, Tak Perlu ke Salon

2. Hindari Produk Berbahan Kimia Keras

Cara mengatasi rambut lepek saat hamil yang kedua adalah hindari produk berbahan kimia keras. Menurut Nia Terezakis, Profesor klinis dari Universitas Tulane, semakin sedikit bahan kimia dalam produk perawatan rambut makan akan mengurangi risiko kulit kepala untuk terluka atau iritasi.

Jadi, sebaiknya tunda terlebih dahulu proses pewarnaan atau pemutihan rambut (bleaching) agar kulit kepala kamu terhindari dari perawatan kimia yang dapat membuat iritasi.

3. Potong Ujung Rambut

Cara mengatasi rambut lepek saat hamil yang ketiga adalah memotong ujung rambut. Kamu dapat memotong ujung rambut secara teratur yang membantu mencegah ujung rambut bercabang. Serta menjadikan rambut lebih sehat dan tumbuh.

Tidak hanya memangkas bagian ujung rambut saja, kamu juga dapat memotong rambut dan mengubah gaya rambut menjadi lebih pendek. Hal ini dapat menciptakan tambilan rambut yang lebih tebal dan akan lebih mudah diatur.

4. Detoksifikasi Sebelum Keramas

Cara mengatasi rambut lepek saat hamil yang keempat adalah detoksifikasi sebelum keramas. Kamu juga dapat melakukan detoksifikasi sebelum keramas. Misalnya dengan menggunakan produk perawatan rambut yang khusus digunakan sebelum keramas.

Kandungan dalam produk detoks, seperti antioksidan dan vitamin C dapat membersihkan rambut dan kulit kepala secara lebih mendalam sehingga menghilangkan kotoran dan agresor yang dapat membuat rambut lemas, lepel dan tipis.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Rambut Lepek, Penting Untuk Diketahui

5. Keramas dengan Benar

Cara mengatasi rambut lepek saat hamil yang kelima adalah keramas dengan benar. Usai memilih perawatan rambut yang sesuai, kamu juga perlu mengetahui cara untuk keramas yang tepat sebagai cara untuk mengatasi rambut lepek.

Ketika mencuci rambut, kamu sebaiknya memastikan rambut benar-benar bersih. Jangan sampai ada sisa shampo atau residu lain yang tertinggal karena hal itu dapat menyebabkan rambut lepek.

Selain itu, gunakanlah kondisioner dengan cara yang benar. Hindari mengaplikasikan kondisioner pada akar rambut. Sebaiknya, gunakan kondisioner hanya di bagian tengah dan ujung rambut saja.

6. Gunakan Sampo Bebas Minyak

Cara mengatasi rambut lepek saat hamil yang keenam adalah gunakan sampo bebas minyak. Menurut Heather Woolery-Llyod seorang asisten profesor dermatologi dari University of Miami, tidak perlu mengganti produk perawatan rambut yang digunakan sebelum hamil, kecuali kamu menggunakan sampo yang diresepkan oleh dokter. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter tentang sampo obat apabila menggunakannya.

7. Sisir yang Tepat

Cara mengatasi rambut lepek saat hamil yang terakhir adalah penggunaan sisir yang tepat. Kesalahan yang sering kali tidak disadari dalam merawat rambut lepek adalah memilih sisir.

Jika kamu ingin terbebas dari rambut lepek, gunakanlah sisir bergigi jarang setelah mandi untuk menghilangkan kusut. Sisirlah setiap helai rambut dengan lembut. Hindari menyisir rambut terlalu sering karena hal ini bisa memicu rambut lepek.***

You may also like

Tinggalkan Komentar