Connect with us

Politik

Soal Isu Reshuffle Kabinet, PKB Tak Masalah PAN Dapat Kursi Menteri

Avatar

Diterbitkan

pada

 

Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga. (Ist).

Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga. (Ist).

FAKTUAL-INDONESIA: Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi mengibaratkan keberadaan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai partai politik di Indonesia ibarat saudara kembar yang tidak bisa dipisahkan.

Karenanya, menurut Viva Yoga, kalau PAN dapat kursi di Kabinet bila ada reshuffle kabinet tidak masalah. Yang penting jangan ganggu posisi PKB.

“PAN dan PKB ibarat saudara kembar, tidak bisa dipisahkan sebagai kekuatan politik yang membawa misi nasional dan kebangsaan,” kata Viva Yoga di Jakarta, Jumat (25/3/2022).

Hal itu dikatakan Viva Yoga terkait pernyataan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar mengenai isu perombakan kabinet atau “reshuffle”.
Viva Yoga mengatakan PAN sangat sayang, cinta dengan PKB, dan Muhaimin. Dia menilai Muhaimin merupakan sosok politisi yang santun dan humoris sehingga membawa proses politik dengan cair karena humornya namun tanpa meninggalkan substansi.
“PAN membawa amanat nasional dan PKB membawa kebangkitan bangsa. Kalau bahasa Jawa Timurnya, Cak Imin itu etooopp banget,” ujarnya.

Advertisement

Selain itu, Viva mengatakan terkait isu “reshuffle”, PAN tetap berpedoman kepada Pasal 17 UUD 1945 yaitu merupakan kewenangan dan prerogatif Presiden karena menteri adalah pembantu presiden.

Menurut dia, PAN menghormati Presiden Jokowi dan meyakini Presiden akan mengambil kebijakan yang baik untuk kekompakan koalisi partai politik pendukung pemerintah. ***

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca