Connect with us

Politik

Prabowo Masih Ungguli Ganjar dan Anies

Avatar

Diterbitkan

pada

Prabowo masih jadi capres dengan elektabilitas tertinggi. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Hampir sebagian besar lembaga survei merilis hasil elektabilitas Prabowo Subianto sebagai capres masih unggul dari capres Ganjar Pranowo atau Anies Baswedan. Hanya ada beberapa lembaga survei yang merilis hasil berbeda

Kali ini, hasil Prabowo berada di urutan teratas dirilis oleh Political Weather Station (PWS). Hasil survei head to head calon presiden (capres) di Pilpres 2024,  Prabowo Subianto unggul jika melawan Ganjar Pranowo ataupun Anies Baswedan.

Survei yang dirilis PWS, Kamis (24/8/2023), dilaksanakan pada periode 13 hingga 20 Agustus 2023 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Jumlah sampel sebesar 1.200 responden diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak bertingkat (multistage-random sampling).

Margin of error survei yakni +/- 2,83%, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon dengan pedoman kuesioner.

Uji kualitas dilakukan melalui telephone-check dan spot-check sebesar 20% dari total sampel. Survei ini juga dilengkapi dengan penelurusan data percakapan warganet (netizen) melalui media monitoring dari berbagai platform media sosial.

Advertisement

Responden diberi pertanyaan ‘seandainya Pilpres dilaksanakan saat ini dan hanya diikuti oleh dua tokoh saja, yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo, siapakah yang Anda pilih?’

Hasilnya:
Prabowo Subianto: 52,6%
Ganjar Pranowo: 42,8%
Tidak tahu: 4,6%

“Suara pendukung Anies dalam simulasi head to head Prabowo versus Ganjar ini cenderung lebih banyak yang bermigrasi ke Prabowo daripada ke Ganjar,” kata peneliti senior PWS, Sharazani dalam rilisnya.

Sedangkan hasil head to head Prabowo dan Anies Baswedan datanya sebagai berikut:
Prabowo Subianto: 58,4%

Anies Baswedan: 36,5%
Tidak tahu 5,1%

Advertisement

“Mayoritas pendukung Ganjar yang antipati dan berseberangan secara ideologis terhadap Anies, cenderung mengalihkan suaranya ke Prabowo yang dipersepsikan lebih nasionalis ketimbang Anies,” katanya.

Adapun head to head Ganjar dan Anies hasilnya Ganjar paling banyak suaranya, namun tipis dengan Anies. PWS menilai jika Ganjar dan Anies bertarung di Pilpres maka sulit diprediksi karena kekuatan basis massa yang hampir berimbang.

Datanya sebagai berikut:
Ganjar Pranowo 44,5%
Anies Baswedan 43,8%
Tidak tahu 11,7%.

Hasil Survei Loyal dan Swing Voters PWS juga melakukan survei untuk mengetahui tingkat pemilih loyal (loyal voters) dan pemilih bimbang (swing voters). Hasilnya, 58,4% responden sudah mantap dengan pilihannya, 36,5% masih mungkin berubah, dan 8,7% mengaku tidak tahu.

“Dengan demikian, secara matematis kemungkinan terjadi perubahan konstelasi elektabilitas pada survei selanjutnya masih terbuka. Apalagi masing-masing dari capres tiga besar (Prabowo, Ganjar dan Anies) hingga saat ini belum menentukan siapa cawapres yang akan mendampingi mereka,” katanya.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca