Home Olahraga Kebangkitan Italia Bersama Roberto Mancini, Puluhan Tahun Rindu Gelar Eropa

Kebangkitan Italia Bersama Roberto Mancini, Puluhan Tahun Rindu Gelar Eropa

oleh Syawal G

FAKTUALid – Italia akhirnya juara Euro 2020 setelah dalam final di Wembley Stadium, Senin (12/7/2021) dini hari WIB, menundukkan Inggris lewat babak adu penalti.

Pertandingan antara dua tim kuat ini berjalan sengit dan seimbang. Inggris unggul cepat lewat gol Luke Shaw di menit ke-2, tapi Italia berhasil bangkit menyamakan kedudukan melalui Leonardo Bonucci di menit ke-67.
Skor 1-1 terkunci selama 120 menit, laga pun harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Inggris bermain di kandang sendiri, sayangnya tiga eksekutor mereka gagal, Italia jadi juara dengan skor penalti 3-2.
Kemenangan Italia ini jadi kisah luar biasa, mengingat bagaimana perjalanan kebangkitan mereka bersama Roberto Mancini di panggung internasional.

Sejak awal tidak ada yang menduga Italia bakal jadi juara Euro 2020. Bahkan hanya segelintir yang menyebut mereka jadi favorit juara di awal turnamen.

Nah selain fans Italia, mereka yang menjagokan Italia jadi juara sejak awal – bahkan sebelum turnamen dimulai – berarti telah mengamati perjalanan kebangkitan Azzurri bersama Roberto Mancini.

Pelatih senior Italia ini layak mendapatkan pujian. Dia menerima tugas berat mengelola tim usai kegagalan Italia menembus putaran final Piala Dunia 2018 lalu.

Mancini menerima Italia saat berada di titik terendah dan dia bekerja keras selama tiga tahun terakhir. Mancini mempertahankan identitas Italia sambil menambahkan sentuhan sepak bola modern.

Alhasil, di turnamen kali ini permainan Italia komplet. Pertahanan mereka masih sangat tangguh, gol-gol juga berdatangan secara bergantian.

Menurut Opta, gelar Euro 2020 ini adalah gelar mayor keenam Italia sepanjang sejarah. Mereka sudah meraih total 4 trofi Piala Dunia dan 2 trofi Euro.

Italia hanya kalah dari Jerman (7) di antara negara-negara Eropa. Dengan demikian, Italia layak disebut sebagai salah satu negara paling sukses di level sepak bola internasional.

Menariknya, Euro 2020 ini adalah gelar Eropa kedua Italia setelah pertama kali meraihnya pada tahun 1968 lalu. Opta mencatat ada selilsih 53 tahun antara dua gelar tersebut, terbesar dalam sejarah.

Italia kembali ke panggung internasional dengan fantastis. Gagal di Piala Dunia 2018, tapi kembali dengan jadi juara di Euro 2020.(Syawal)

Tinggalkan Komentar