Connect with us

Olahraga

Persiapan Asian Para Games, Atlet-atlet Indonesia Langsung Masuk Pelatnas Lagi

Avatar

Diterbitkan

pada

Ketua dan Sekjen NPC Indonesia saat memberikan keterangan pers. (Foto: istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA:  Atlet-atlet Indonesia yang diproyeksikan ke Asian Para Games dan Paralimpiade, langsung masuk ke Pelatnas. Usai mengikuti event ASEAN Para Games (APG) XI 2022.

“Atlet yang diproyeksikan ke Asian Pada Games Hangzhou 2023 dan Paralimpiade Paris 2024 langsung masuk hotel lagi untuk mengikuti Pelatnas,” jelas Sekjen National Paralimpic Committee Indonesia (NPCI), Rima Ferdianto, kepada wartawan di Kota Solo,  Jawa Tengah, Minggu (7/8/2022).

Sedangkan atlet-atlet yang hanya diproyeksikan mengikuti APG XI, sudah kembali ke daerah mereka masing-masing. Mereka adalah atlet baru dan jebolan Peparnas yang hanya mencari pengalaman di regional multievent.

“Masing-masing ada yang kembali ikut Pelatda atau istirahat dulu,” jelasnya lagi.

Rima juga mengatakan dari hasil APG XI 2022 yang sangat luar biasa dengan perolehan 175 medali emas tersebut, tidak boleh tenggelam dalam euforia lama-lama. Karena perjalanan para atlet masih cukup panjang.

Advertisement

“Sesuai dengan instruksi Menpora program target kita adalah Paralimpiade Paris. Kemarin di Paralimpiade Tokyo, Indonesia di posisi 43 dari target 60. Di Paris kita ditargetkan lebih baik dari posisi 43,” katanya.

Ketua NPC Indonesia, Senny Marbun, menambahkan prestasi yang diraih Indonesia sangat luar biasa. Dirinya mengaku sebelumnya tidak membayangkan akan mendapatkan 175 medali emas karena target semula adalah 104.

“Kita menang start di TC (training center) dan hasilnya luar biasa,  seusai Paralimpiade Tokyo kita langsung TC,” ujar Senny.

Pihaknya mengaku tidak membayangkan sebelumnya jika kontingen Indonesia bisa meraih 175 medali emas. Secara total, Indonesia mendapatkan 400 -an medali.

“Sehingga rata-rata setiap atlet mendapat medali. Ada yang 4 ada yang 5, minim 2 atau 3 medali. Bahkan ada yang mendapatkan 6 medali,”  paparnya.

Advertisement

Senny mengungkapkan dirinya sempat tidak percaya saat mendapatkan laporan dari Sekjen NPC Rima Ferdianto yang mengatapat Indonesia meraih 175 medali emas. Dirinya juga mengucpakan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberikan kesempatan bagi atlet difabel untuk berprestasi luar biasa. ***

Lanjutkan Membaca