Connect with us

News

Ini Dia Pesawat Air Force One dan The Beast yang Ditumpangi Biden

Avatar

Diterbitkan

pada

Pesawat Air Force One. (Ist)

Pesawat Air Force One. (Ist)

FAKTUALid – Tahukah Anda pesawat yang ditumpangi Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam lawatan pertamanya ke Inggris? Pesawat Air Force One.

Joe Biden, telah tiba di Inggris. Di negeri David Beckham ini negara pertama yang dikunjungi dalam lawatan selama delapan hari di Eropa. Selama di Inggris, Presiden Biden akan bertemu dengan Ratu Elizabeth II serta menghadiri konferensi tingkat tinggi G7 di Cornwall, Inggris barat daya.

Ia selanjutnya akan menghadiri sejumlah acara di Benua Eropa, termasuk menghadiri pertemuan puncak NATO dan menggelar pertemuan dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, di Jenewa.

Tak sedikit yang dibawa Presiden Biden dalam perjalanan ini. Presiden AS didukung dengan sejumlah kendaraan khusus untuk membantunya bergerak dengan aman dan nyaman, baik itu di darat maupun udara.

Dari seluruh kendaraan itu, yang paling ikonik adalah pesawat kepresidenan – Air Force One.

Advertisement

Ya, pesawat Air Force One mendarat di Pangkalan Udara Mildenhall, Suffolk, Inggris, pada Rabu (09/06). Presiden bertemu dengan personel AS yang ditempatkan di pangkalan itu sebelum terbang ke Cornwall.

Sebagaiman dijelaskan di situs Gedung Putih, Air Force One sejatinya adalah kode pengaturan lalu lintas udara bagi setiap pesawat Angkatan Udara AS ketika ditumpangi oleh presiden.

Tetapi istilah itu pada umumnya digunakan untuk merujuk pada pesawat-pesawat berwarna putih dan biru – pesawat Boeing 747-200B yang dimodifikasi secara khusus dengan kode ekor 28000 dan 29000.

Pesawat itu dilengkapi dengan peralatan komunikasi, avionik, dan pertahanan yang canggih, termasuk perlindungan dari getaran elektromagnetik dan suar dari rudal dengan sistem pelacak panas.

Artinya, pesawat itu dapat difungsikan sebagai pusat komando bergerak di udara jika terjadi serangan di wilayah Amerika Serikat.

Advertisement

Pesawat Air Force One juga mampu mengisi bahan bakar di udara. Dengan demikian, secara teori pesawat kepresidenan mempunyai jarak tempuh tak terbatas.

Di dalam pesawat, luas lantai mencapai 372 meter persegi yang terbagi dalam tiga tingkat. Selain ruang suit kepresidenan, pesawat dilengkap dengan fasilitas kesehatan, dapur, dan ruang untuk tim penasihat, pasukan pengamanan presiden alias Secret Service dan wartawan.

Untuk perjalanan udara jarak pendek, presiden menggunakan helikopter. Badan helikopter didominasi warna hijau dan atasnya dicat putih.

Marine One – lagi-lagi tidak hanya terdiri dari satu helikopter saja, nama itu disematkan pada setiap pesawat Korps Marinir yang membawa presiden AS – biasanya pesawat VH-3D Sea King atau VH-60N White Hawk. ***

 

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *