Home News RS Lapangan Tembak Surabaya Untuk OTG Covid-19

RS Lapangan Tembak Surabaya Untuk OTG Covid-19

oleh Akbar Surya

Suasana RL Lapangan Tembak Surabaya. (Foto:Istimewa)

FAKTUALid – Pemkot Surabaya mulai mengoperasikan RS Lapangan Tembak (RSLT) untuk merespon lonjakan kasus Covid-19 yang melanda Kota Pahlawan tersebut. Untuk tahap awal, mereka akan menerima 150 pasien Covid-19 hasil rujukan dari Puskesmas.

Menurut Kepala Dinkes Kota Surabaya, Febria Rachmanita, RS di Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak Surabaya ini hanya akan merawat pasien pasien dengan gejala ringan atau OTG (Orang Tanpa Gejala). “Bila ada yang gejala ringan di RS Soewandhi, juga akan dibawa ke sini (RSLT),” ujarnya, Kamis (8/7/2021).

Sesuai ketentuan, RS Lapangan Tembak ini tidak akan menerima pasien yang langsung datang tanpa rujukan. Pasien yang diterima, hanya yang melalui rujukan dari puskesmas.

Mereka yang akan menjalani perawatan di RSLT itu juga harus membawa beberapa dokumen seperti KTP, KK serta hasil PCR baik dari puskesmas ataupun laboratorium lain. Sementara, total RSLT mencapai 1.000 bed. Ini merupakan akumulasi dari beberapa ruangan di RSLT.

Selanjutnya, pasien OTG dan gejala ringan yang menjalani peratawan di Hotel Asrama Haji (HAH) akan dipindah ke RS baru tersebut. Sedangkan di Asrama Haji akan digunakan untuk merawat pasien dengan gejala batuk dan pilek.

RSLT sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti ruangan IGD, rawat inap, radiologi, farmasi hingga laboratorium. RS ini memiliki lima ruangan.***

Tinggalkan Komentar