Connect with us

Nusantara

Pertama di Indonesia, Solo Memiliki Layanan Drive Thru ETP

Avatar

Diterbitkan

pada

Kota Solo memiliki layanan drive thru ETP pertama di Indonesia. (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA:  Pertama kali di Indonesia, Kota Solo memiliki layanan drive thru Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP).  Layanan itu diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bersama Grab OVO yang berada di pusat kuliner Gladak Langen Bogan (Galabo).

Drive thru ETP yang diresmikan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Kamis (30/6/2022) itu bisa melayani pembayaran PBB, Samsat, PDAM.

“Kita kan sudah ada Mall Pelayanan Publik (MPP), layanan online juga dan ini ada lagi layanan drive thru yang memudahkan warga untuk transaksi perpajakan dan lain lain,” kata Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Layanan drive thru ETP itu, menurut Gibran memudahkan warga untuk membayar transaksi Pemda.

“Untuk penambahan lokasi, nanti kita bicarakan lagi untuk penambahan lokasi atau pelayanannya,” katanya lagi.

Advertisement

Sementara itu, Managing Director Grab Indonesia ,Ridzki Kramadibrata, mengatakan sebelumnya di Kota Solo juga sudah ada kerjasama serupa diantaranya untuk program Solo smartcity, kendaraan listrik, Grab Kitchen di Pasar Gede serta digitalisasi di Pasar Legi.

“Ini drive thru yang pertama kali di Indonesia. Ini adalah inovasi yang kita lakukan, bisa membayar pajak kendaraan, air, dan PBB,” jelasnya.

Pihaknya berharap layanan ini semakin memudahkan masyarakat dan menjadi contoh daerah lain. Untuk bisa maju melalui teknologi untuk inovasi dan penggunaan teknologi.

Presiden Director OVO, Karaniya Dharmasaputra, menambahkan ke depan layanan tersebut akan berkembang. Untuk penambahan lokasi akan berkoordinasi dengan Pemkot Solo.

“Untuk jam operasional mulai jam 8.00 WIB hingga 15.00 WIB. Kalau di sini bisa sekedar cetak struk atau juga bisa melayani pembayaran juga,  jadi kami sedikan juga layanan top up,” kata Karaniya.

Advertisement

Untuk membayar lewat layanan drive thru ETP ini, warga yang sudah membayar secara online bisa mencetak di sini. Hanya tinggal memperlihatkan bukti bayar.

Sedangkan yang belum membayar secara online bisa melakukan pembayaran secara langsung di loket drive thru ETP. ***

Lanjutkan Membaca
Advertisement