Connect with us

Nusantara

Peringati HUT RI ke-77, Mahasiswa UIN Surakarta Bentangkan Bendera Sepanjang 1.000 Meter

Avatar

Diterbitkan

pada

 

Ratusan mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 1.000 meter. (Foto: istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Ratusan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta, membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 1.000 meter, Jumat (26/8/2022).

Sekitar  900 mahasiswa dan tenaga pendidik tersebut membawa bendera dengan berjalan dari Kampus UIN Raden Mas Said hingga petilasan Keraton Kartasura yang berjarak sekitar 1 km.

Acara tersebut untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-77 serta kegiatan untuk mahasiswa baru. Di sepanjang jalan, mereka juga menyanyikan lagu-lagu nasional, seperti Indonesia Pusaka dan Hari Merdeka.

Tidak hanya mahasiswa dan tenaga pendidik, kegiatan itu juga melibatkan pasukan prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang berjalan di bagian depan barisan.

Advertisement

“Kegiatan ini selain untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 juga dalam rangka merayakan DIes Natalis UIN ke-30,” jelas Dekan FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta, Ivan Rahmawan.

Lebih lanjut, Ivan mengatakan mereka memilih rute melalui  petilasan Keraton Kartasura, hal ini untuk mengenalkan mahasiswa baru tentang bangunan cagar budaya yakni bekas Keraton Kartasura.

“Selain itu juga untuk memberikan kesadaran kepada mahasiswa terkait pentingnya menjaga dan melestarian benda cagar budaya. Hal ini belajar dari kasus perusakan tembok Keraton Kartasura beberapa waktu lalu yang disebabkan karena ketidaktahuan dan kesadaran,” jelasnya lagi.

Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FEBI UIN, Wahyu Tri Utami menambahkan kegiatan membentangkan bendera sepanjang 1.000 meter ini juga untuk mengenalkan bekas Keraton Kartasura kepada mahasiswa baru.

“Karena UIN Raden Mas Said juga merupakan bekas kawasan Keraton Kartasura. Ini bukan kegiatan pertama, tapi kedepan akan ada lagi,”ujarnya.

Advertisement

Pada kesempatan yang sama, Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta, GKR Koes Moertiyah Wandasari (Gusti Moeng), mengatakan dirinya mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah, mahasiswa memiliki kepedulian tinggi untuk  menjaga petilasan Keraton Kartasura. Karena tidak bisa dipungkiri jika Keraton Surakarta  merupakan keraton pertama yang menggabungkan wilayah kerajaannya ke dalam NKRI,” paparnya. ***

Lanjutkan Membaca
Advertisement