Connect with us

Nusantara

Capaian Vaksin Booster Rendah, Gibran Targetkan Sebelum Lebaran Capai 70 Persen

Avatar

Diterbitkan

pada

Kejar vaksinasi, Polresta Solo buka layanan vaksin primer dan booster setiap hari. (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Capaian vaksin dosis ketiga atau booster di Kota Solo masih 33 persen. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menargetkan sebelum Lebaran capaian booster lebih dari 70 persen.

“Pokoknya kita kejak capaian vaksin booster sebelum Lebaran. Biar saat Lebaran caoaian booster tinggi dan tidak ada tambahan kasus,” jelas Gibran, Senin (21/3/2022).

Untuk mengejar vaksinasi booster tersebut, sentra vaksinasi di Kota Solo akan dibuka semua. Termasuk membuka sentra vaksin di Graha Wisata Niaga dan vaksinasi malam hari.

“Dari Pak Dandim (Dandim 0735/Suarakarta) kan juga sudah buka intens di setiap keluarahan, buka malam atau datangi langsung ke rumah-rumah. Tapi kan vaksin siang juga gak papa, gak membatalkan puasa,” jelasnya lagi.

Selain vaksin dosis ketiga, Gibran juga terus mendoronh vaksinasi primer dosis satu dan dua bagi warga masyarakat yang belum divaksin.

Advertisement

“Mungkin mereka setelah divaksin pertama terus terpapar dan belum dapat vaksin kedua. Jadi vaksin yang belum lengkap dan tercecer juga kita kejar,” katanya.

Menurut Gibran, saat ini masih ada sejumlah guru dan murid yang belum tervaksin. Sehingga saat ini Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kota Solo masih belum 100 persen.

“PTM jalan terus tapi belum 100 persen, tunggu sambil jalan dulu. Jangan kecepatan, nanti malah ada penolakan dari orangtua murid,” katanya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, SIti Wahyuningsih mengatakan pihaknya optimis target vaksinasi booster bisa tercapai. Pihaknya meminta masyarakat kooperatif dan sadar untuk datang ke sentra-sentra vaksinasi.

“Capaian vaksinasi booster 33 persen setara 138.803 sasaran. Kalau untuk stok kami punya 30.000 dosis yang bisa digunakan untuk 60.000 sasaran. Besok kalau habis, saya minta lagi,” pungkasnya. ***

Advertisement

Lanjutkan Membaca