Home NasionalNusantara Polisi Ringkus 2 Mahasiswa Pengedar Ganja Kering

Polisi Ringkus 2 Mahasiswa Pengedar Ganja Kering

oleh Dwipraya

Foto: Istimewa

FAKTUALid – Jajaran Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Jember, meringkus dua orang mahasiswa yang diduga menjadi pengedar ganja. Kedua mahasiswa berinisial IS (24) warga Kalimantan Barat dan IM (24) warga Kalimantan Timur adalah mahasiswa sebuah perguruan tinggi swasta di Malang.

Menurut wakapolres Jember, Kompol Kadek Ary Mahardika, kedua mahasiswa itu diamankan bersama dua tersangka lain yang masing-masing berinisial BO (29) warga Kecamatan Sumbersari dan AW (30) warga Kecamatan Kaliwates, Malang. “Awalnya polisi menangkap tersangka BO yang mengambil paket ganja di Kebonsari, dengan barang bukti 1,4 kg ganja,” ujarnya, Minggu (13/6/2021).

Tersangka BO yang diinterogasi mengaku hanya kurir yang mengantar barang haram yang dipesan AW. Saat dilakukan penggeledahan di rumah AW, polisi menemukan 3 gram ganja yang sudah dalam bentuk lintingan.

Dia mengakui ada rekannya di Malang yang menyuplai ganja kering tersebut untuk wilayah Jember dan sekitarnya. Polisi yang bergerak cepat akhirnya mengamankan kedua tersangka di kamar kosnya di Kota Malang berikut barang bukti ganja kering 1,4 kilogram. Sehingga total yang diamankan dalam kasus ini mencapai 2,8 kilogram ganja kering.

Kepada polisi, kedua mahasiswa ini mengaku mendapatkan barang haram dari Aceh, melalui jual beli secara online.
Tersangka mengaku sudah mengedarkan ganja di Kabupaten Jember dan Malang sekitar 3 bulan.

Barang haram itu mereka beli dengan harga Rp2-2,5 juta perkilogram. Selanjutnya oleh tersangka AW dijual Rp1,4-1,5 juta per ons. Sehingga total keuntungan dari bisnis yang merusak generasi muda itu mencapai Rp12 juta per kilogram.

Oleh polisi, para pelaku akan dijerat dengan Pasal 114 ayat 2 UU Nomor 35 tentang Narkotika. Mereka terancam hukuman kurungan minimal 6 tahun penjara.(Akbar Surya)***

 

You may also like

Tinggalkan Komentar