Connect with us

Kesehatan

8 Manfaat Mentimun bagi Kesehatan, Mulai dari Mencegah Dehidrasi hingga Mencegah Kanker

Avatar

Diterbitkan

pada

manfaat mentimun

Ilustrasi Mentimun (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Mentium atau ketimun merupakan salah satu buah yang sering dijadikan lalapan atau acar di berbagai masakan. Selain dijadikan lalapan atau acar, ternyata ada sederet manfaat mentimun bagi kesehatan tubuh.

Cucumis sativus atau mentimun merupakan buah yang mengandung sekitar 95 persen kadar air, sehingga dapat membantu mengatasi dehidrasi dan terasa menyegarkan. Oleh sebab itu, banyak orang mengolah mentimun menjadi jus.

Di dalam mentimun mengandung antioksidan dan beragam nutrisi, seperti vitamin, mineral, protein, dan karbohidrat. Tak hanya itu, buah yang sering dianggap sayuran ini juga rendah kalori, tapi mengandung air dan serat yang cukup tinggi.

Berkat kandungan tersebut, tak heran jika ada beragam manfaat mentium bagi kesehatan. Bahkan, mentimun juga memiliki manfaat untuk kencantikan.

Baca juga: 6 Manfaat Timun Suri, Mampu Mencegah Dehidrasi

Berikut beberapa manfaat mentimun bagi kesehatan yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

Advertisement

1. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat mentimun yang pertama yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Mentimun memiliki kandungan vitamin K yang dapat mendukung kesehatan tulang dan membantu dengan pembekuaan darah.

Selain itu, kandungan kalsium pada mentimun juga dapat meningkatkan kepadatan tulang dan dapat mencegah kamu dari osteoporosis.

2. Mencegah dehidrasi

Sudah umum diketahui, bahwa tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup agar tutup dapat terhidrasi dengan baik. Untuk itu, kamu disarankan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya. Selain mengonsumsi air, kamu dapat mencegah dehidrasi dengan mengonsumsi mentimun.

Manfaat mentimun ini karena kandungan air pada mentium mencapai 95 persen. Dengan begitu, dapat meningkatkan hidrasi saat cuaca panas atau setelah berolahraga. Kamu dapat memasukkan mentimun ke dalam air untuk membuat infused water yang dapat minum setelah berolahraga.

3. Melancarkan pencernaan

Manfaat mentimun berikutnya yaitu dapat melancarkan pencernaan. Kandungan air dan serat yang cukup tinggi pada mentimun dapat berkhasiat untuk membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit.

Advertisement

Mentimun juga memiliki kandungan serat berupa pektin yang dapat menagtur pergerakan usus dan meningkatkan frekuensi buang air besar. Selain itu, pektin pada mentimun juga dapat memberi makan bakteri baik sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan.

4. Menangkal radikal bebas

Selain melancarkan pencernaan, manfaat mentimun juga dapat menangkal radikal bebas. In berkat kandungan antioksidan pada mentium, seperti lutein, zeaxanthin, flavonoid, dan tannin, yang dapat menangkal radikal bebas.

Dengan begitu, mengonsumsi mentimun secara rutin dapat mencegah terkena penyakit berbahaya, seperti penyakit diabetes, radang sendi, jantung, hingga penyakit Alzheimer.

Baca juga: 8 Manfaat Jeruk Bali bagi Kesehatan, Dapat Mencegah Penuaan Dini

5. Menurunkan berat badan

Jika kamu sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, kamu dapat mengonsumsi jus atau infused water menitum. Mentimun merupakan buah rendah kalori yang dapat kamu konsumsi saat sedang diet.

Manfaat mentimun ini berasal dari kandungan serat yang dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama sehingga kamu membatasi untuk makan lebih banyak dan mengontorol nafsu makan.

Advertisement

6. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat mentimun berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan kulit. Kamu pasti sudah tidak asing dengan manfaat mentimun satu ini. Mentimun dapat menjaga kelembapan dan kesehatan berkat kanduangan antioksidan, mineral, dan vitamin di dalamnya.

Selain itu, mentimun memiliki kandungan air yang berfungsi untuk mendinginkan, menenangkan, dan meredakan kemerahan pada kulit. Penggunaan mentimun biasanya sering dimanfaatkan menjadi masker alami untuk mengatasi iritasi kulit, kulit kering, dan sunburn.

7. Mencegah kanker

Salah satu manfaat mentimun yang tidak kalah penting adalah dapat mencegah kanker. Menurut penelitian, kandungan antioksidan yang melimpah pada mentimun diklaim dapat mengurangi risiko sesesorang terkena beragam jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker rahim.

Hal ini berkat kandungan antioksidan cucurbitacinlignan, dan flavonoid pada mentimun yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

8. Menurunkan kadar gula

Manfaat mentimun yang terakhir adalah dapat menurunkan kadar gula darah. Mengonsumsi jus mentimun dapat meningkatkan hormon khusus yang diperlukan oleh sel-sel pankreas dalam memproduksi insulin.

Advertisement

Menurut sejumlah penelitian, mentimun terbukti efektif untuk menurunkan kadar gula darah dan mencegah komplikasi diabetes.***

Baca juga: 6 Manfaat Infused Water Timun untuk Kesehatan

Lanjutkan Membaca
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 8 Manfaat Porang untuk Urusan Rumah Tangga dan Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement