Home LifestyleKesehatan 6 Manfaat Timun Suri, Mampu Mencegah Dehidrasi

6 Manfaat Timun Suri, Mampu Mencegah Dehidrasi

oleh Hana Chaniago
manfaat timun suri

Ilustrasi timun suri (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Timun suri merupakan buah yang sering kali dijadikan hidangan pembuka di bulan puasa. Ternyata, timun suri memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Manfaat timun suri salah satunya dapat mencegah dehidrasi.

Tidak hanya menyegarkan, timun suri juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Selain itu, dalam Laporan Penelitian Program PKH, buah ini mengandung nutrisi seperti asam linoleat, fruktosa, glukosa, Vitamin A, Vitamin C, potasium dan magnesium.

Berikut 6 manfaat timun suri yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Antioksidan

Manfaat timun suri yang pertama adalah sebagai antioksidan. Timun suri kaya akan antioksidan dan bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kanker, paru-paru, jantung hingga autoimun.

Dalam studi yang dilakukan oleh Tianjin Institute of Health and Environmental Medicine mengukur kandungan antioksidan dalam timun suri dengan melibatkan 30 orang dewasa.

Selama 30 hari mengonsumsi timun suri, ditemukan adanya peningkatan yang signifikan pada beberapa penandan aktivitas antioksidan dan peningkatan antioksidan dalam tubuh.

Baca juga: 8 Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan Tubuh, Menu Sarapan Kaya akan Antioksidan

2. Mencegah Dehidrasi dan Membantu Proses Metabolisme Tubuh

Manfaat timun suri yang kedua adalah mencegah dehidrasi dan membantu proses metabolisme tubuh. Dalam jurnal yang diterbitkan oleh Departement of Pharmaceutical Technology ditemukan bahwa kandungan air dalam timun suri menyimpan elektrolit.

Jika kamu tidak suka minum air putih, bisa menggantinya dengan jus timun suri atau mencampurkan potongan timun suri ke dalam air putih agar lebih menyegarkan. Tubuh yang terhidrasi sangat penting agar kesehatan usus terjaga.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat timun suri yang ketiga adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Jika kamu memiliki riwayat penyakit darah tinggi, ada baiknya mulai mengonsumsi timun suri secara rutin.

Sebab, kandungan vitamin C dalam timun suri membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian dalam National Library of Medicine menunjukkan, vitamin C dapat membantu menurunkan tekanan darah pada orang dengan atau tanpa tekanan darah tinggi.

4. Menyehatkan Tulang

Manfaat timun suri yang keempat adalah menyehatkan tulang. Kandungan vitamin K yang terdapat pada timun suri juga turut andil dalam menyehatkan tulang. Bahkan, vitamin K membantu meningkatkan penyerapan kalsium.

Kandungan kalsium dan fosfor pada timun suri tidak hanya baik untuk kesehatan tulang namun juga dapat menyehatkan gigi, otot, saraf, jantung dan melancarkan aliran darah.

Baca juga: Ini 8 Cara Menjaga Kesehatan Tulang yang Wajib Kamu Ketahui

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat timun suri yang kelima adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain kaya akan vitamin C, timun suri juga mengandung banyak vitamin A yang baik untuk imun tubuh.

Vitamin A memengaruhi kekebalan dengan merangsang respons yang dapat melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi. Selain itu, vitamin A juga dibutuhkan untuk pembentukan sel-sel tertentu dalam tubuh seperti sel B dan T.

6. Melindungi Ingatan dan Terhindar dari Alzheimer

Manfaat timun suri yang terakhir adalah melindungi ingatan dan terhindar dari alzheimer. Seiring dengan bertambahnya usia, bahaya penyakit pikun dan alzheimer pun menghantui.

Menurut penelitian Pubmed.gov, penyebab alzheimer adalah stres oksidatif, peradangan area otak, saraf dan tulang belakang. Semuanya dikenal sebagai sistem saraf pusat yang dapat meningkatkan risiko demensia.***

You may also like

Tinggalkan Komentar