Home LifestyleKesehatan 8 Manfaat Porang, Mulai dari Mengatasi Sembelit Hingga Penjernih Air

8 Manfaat Porang, Mulai dari Mengatasi Sembelit Hingga Penjernih Air

oleh Farhan Zuhdi
manfaat porang

Ilustrasi tanaman porang (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Apakah kamu pernah mendengar tanaman porang? Mungkin tanaman ini sedikit asing. Tanaman ini termasuk ke dalam umbi-umbian yang sering dikenal Iles-iles. Manfaat porang terkenal digunakan sebagai bahan-bahan industri. Ternyata, porang juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Amorphophallus oncophyllus muelleri Blume atau tanaman porang tumbuh di daerah yang beriklim tropis atau sub-tropis, salah satu Indonesia. Meski merupakan tanaman liar, umbi-umbian ini sekarang sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia.

Tanaman porang memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena mengandung glukomanan yang mudah diolah menjadi bahan pangan dan industri. Selain itu, manfaat porang ini juga baik untuk kesehatan.

Baca juga: 8 Manfaat Mentimun bagi Kesehatan, Mulai dari Mencegah Dehidrasi hingga Mencegah Kanker

Berikut beberapa manfaat porang bagi kesehatan dan bahan industri yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat porang yang pertama yaitu mampu menurunkan kadar kolesterol. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada penderita diabetes tipe-2 menyebutkan bahwa ekstrak porang efektif menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah.

Penelitian lainnya yang dilakukan pada hewan juga menunjukkan tikus yang diberi tepung porang dilaporkan kadar kolesterolnya dapat menurun. Dengan begitu, risiko mengalami penyakit jantung dan stroke juga ikut menurun.

2. Menurunkan kadar gula darah

Jenis umbi-umbian ini ternyata dapat menurunkan kadar gula darah. Manfaat porang ini berasal dari glukomanan yang berkhasiat menurunkan risiko mengalami tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, dan resistensi insulin.

Kandungan ini juga meningkatan penyerapan nutrisi pada usus kecil untuk meningkatkan sensitivitas insulin. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa pemberian ekstrak porang yang diberikan pada tikus bisa mencegah plak pembentukan di pembuluh darah.

3. Mengatasi sembelit

Jika kamu sedang mengalami sembelit, tanaman porang bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Masih dari kandungan glukomanan, manfaat porang bisa membantu mengatasi sembelit ringan hingga sembelit kronis.

Sebuah studi mempublikasikan penderita sembelit yang diberikan glukomanan selama beberapa hari dapat mengurangi frekuensi buang air besar menjadi normal.

4. Menurunkan berat badan

Selain mengatasi sembelit, manfaat porang juga dapat menurunkan berat badan. Umbi porang yang sering dijadikan tepung dianggap dapat menurunkan berat badan. Khasiat ini didapat dari glukomanan sebagai serat alami makanan.

Mengonsumsi bahan makanan kaya akan serat ini sangat cocok bagi kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan karena dapat mempercepat rasa kenyang dan memperlambat pengosongan perut.

Baca juga: 8 Manfaat Bengkoang untuk Wajah, Mencegah Penuaan Dini

5. Bahan obat dan makanan

Manfaat porang berikutnya yakni sering dimanfaatkan sebagai bahan obat dan makanan. Diluar sana banyak obat-obatan berbentuk kapsul mengandung Konjac Glucomannan (KGM) untuk pembentuk dan perekat kapsul.

Tak hanya itu, iles-iles juga sering dimanfaatkan sebagai bahan aneka makanan jepang, seperti konnyaku atau mi shirataki. Di Indonesia, porang dalam bentuk makanan lebih sering diolah menjadi kripik yang menyehatkan.

6. Penjernih air

Siapa sangka, manfaat porang ternyata bisa digunakan sebagai penjernih air. Porang memiliki serat alami yang berasal dari glukomanan karena mudah larut di dalam air serta bekerja membersihkan air itu sendiri.

Apabila air di rumah kamu keruh, kamu bisa mencoba menggunakan porang sebagai bahan alami untuk menjernihkan air dibandingkan menggunakan bahan kimia.

7. Bahan baku lem

Apakah kamu pernah mendengar lem dari tanaman porang? Jenis umbi-umbian ini menjadi posi kamu gunakan untuk lem ramah lingkungan. Kandungan Konjac pada tanaman porang bisa menjadi perekat yang bagus sekaligus ramah lingkungan.

Bahkan, lem dari porang ini dikenal tidak memiliki bau menyengat daripada lem-lem yang terbuat dari bahan kimia.

8. Isolator listrik

Manfaat porang yang terakhir adalah sebagai isolatot listrik. Zat glukomanan yang ada pada tanaman porang bisa digunakan sebagai isolator listrik ketika diolah menjadi tekstur gel. Jika ingin memanfaatkannya, kamu perlu berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal berbahaya.***

Baca juga: 8 Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan, Dapat Menurunkan Kolesterol dan Mengendalikan Berat Badan

You may also like

Tinggalkan Komentar