Home LifestyleKesehatan 8 Manfaat Kacang Tanah yang Wajib Kamu Diketahui

8 Manfaat Kacang Tanah yang Wajib Kamu Diketahui

oleh Farhan Zuhdi
manfaat kacang tanah

Ilustrasi kacang tanah (Foto: Istimewa)

FAKTUALid – Ketika mendengar kacang tanah pasti makanan satu ini sudah tidak asing ditelinga. Kacang tanah merupakan salah satu jenis kacang yang sering dikonsumsi oleh masayarakat sebagai camilan. Selain nikmat dikonsumsi, manfaat kacang tanah ternyata berasal dari nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Kacang tanah dapat diolah menjadi beberapa macam, seperti kacang atom, kacang rebus, minyak masak, hingga menjadi selai. Olahan kacang tanah yang sering jumpai biasanya berbentuk kacang rebus.

Pada kacang tanah memiliki kandungan protein tinggi, lemak jenuh, asam amino, dan serat. Tak heran jika manfaat kacang tanah dapat menjaga kesehatan tubuh sekaligus dapat mengobati bermacam penyakit.

Baca juga: Inilah Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan

Berikut beberapa manfaat kacang tanah bagi kesehatan tubuh yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Membantu turunkan berat badan

Manfaat kacang tanah yang pertama yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsi kacang tanah dapat membuat kenyang lebih lama yang membuat keinginan untuk makan dapat berkurang.

Sebuah penelitian mempublikasikan, bahwa mengonsumsi kacang tanah dapat membantu menjaga berat badan dan mengurangi kemungkinan obesitas. Disamping itu, ternyata kandungan protein dan lemak sehat di dalalnya mampu meningkatkan pembakaran energi pada tubuh.

2. Mencegah penyakit batu empedu

Manfaat kacang tanah berikutnya yaitu dapat mencegah penyakit batu empedu. Mengonsumsi kacang tanah diduga dapat mencegah penyakit batu empedu dengan menurunkan kolesterol darah.

Gejala penyakit batu empedu akan menimbulkan rasa sakit pada area punggung dan kram perut karena penumpukan akibat kolesterol. Untuk itu, kamu bisa beberapa kacang tanah setiap minggunya dan membatasi asupan lemak jahat pada makanan.

3. Membantu mengontrol gula darah

Manfaat kacang tanah lainnya dapat dirasakan oleh para penderita diabetes sebagai camilan karena indkes glikemiknya yang rendah. Dengan demikian, kacang tanah juga tidak menyebabkan kenaikan gula darah dengan cepat.

Tubuh dapat melepaskan energi dan glukosa dengan stabil, yaitu melalui kandungan serat di dalamnya membantu menghambat pergerakan makanan di dalam saluran pencernaan dan juga protein mengambil energi lebih banyak agar bisa terurai.

4. Membantu menurunkan kolesterol

Penyebab utama penyakit jantung utama koroner karena adanya kolesterol jahat (LDL). Pada kacang tanah memiliki kandungan lemak tak jenuh dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL)  sehingga dapat membentuk plak pada pembuluh darah.

Lemak tak jenuh pada kacang tanah selain menyehatkan juga memelihara sel-sel tubuh dan meberikan asupan vitamin E yang dapat melindungi kamu dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca juga: 6 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

5. Menjaga kesehatan jantung

Selain dapat menurunkan kolesterol, manfaat kacang tanah lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut karena kacang tanah memiliki kandungan lemak tak jenuh lebih banyak dibandingkan lemak jenuh.

Tak hanya lemak tak jenuh, manfaat kacang  kacang juga mempunyai kandungan vitamin B3, magneisum, dan tembaga yang dibutuhkan untuk memelihara kesehatan jantung.

6. Mempercantik Kulit

Siapa sangka ternyata manfaat kacang tanah dapat mempercantik kulit. Kacang tanah dapat mempercantik kulit karena kaya akan vitamin E untuk mengurangi garis dan kerutan pada kulit, dengan itu dapat terlihat lebih awet muda.

Kandungan vitamin B dan riboflavin pada kacang ini juga dapat membuat kulit kamu lebih bersinar. Tak heran jika banyak produk kecantikan menggunakan kacang tanah sebagai komposisinya.

7. Mengurangi depresi

Manfaat kacang tanah berikutnya ialah dapat mengurangi depresi. Terjadinya depresi dapat disebabkan oleh faktor genertik, faktor genotip, hingga gangguan neurologis karena bahan kimia. Kandungan triptofan asam amino pada kacang tanah dapat dinilai dapat membantu pembentukan serotin. Dengan itu kandungan serotin dapat membantu membentuk suasana hati yang positif.

8. Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke

Manfaat kacang tanah yang terakhir ialah dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kandungan asam oleat resveratrol pada kacang tanah mampu melindungi jantung dan pembuluh darah dari kerusakan radikal bebas. Dengan begitu, risiko penyakit jantung dan stroke pun dapat menurun.

Penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi kacang tanah paling sebanyak 2 kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 13 persen dan risiko penyakit jantung koroner pun menurun hingga sebesar 15 persen.***

Baca juga: Konsumsi Kacang Pinus Bisa Tingkatkan Gairah Seks

You may also like

Tinggalkan Komentar