Connect with us

Kesehatan

6 Cara Mengatasi Bayi Rewel Saat Cuaca Panas, Si Kecil Nyaman Kembali!

Avatar

Diterbitkan

pada

Cara mengatasi bayi rewel saat cuaca panas

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Beberapa waktu belakangan, cuaca di Indonesia cukup panas mesti terkadang hujan secara tiba-tiba. Cuacas panas seperti ini kerap merepotkan para ibu yang memiliki bayi. Pasalnya, bayi terkadang nangis atau rewel di cuaca seperti sekarang. Untuk itu, sebaiknya ibu mengetahui cara mengatasi bayi rewel saat cuaca panas.

Pada orang dewasa, cuaca panas membuat mereka gerah dan tubuh mudah mengeluarkan keringat. Kondisi ini tentu membuatnya merasa tidak nyaman. Tak hanya orang dewasa, ini juga terjadi pada bayi yang menyebabkan bayi rewel.

Sebagai orangtua tentu Anda merasa terganggu dan merasa kasihan karena tidur si kecil jadi terganggu. Namun tak perlu khawatir, untungnya ada beragam cara mengatasi bayi rewel saat cuaca panas yang bisa membuat si kecil menjadi tenang.

Baca juga: 7 Cara Menghangatkan Bayi di Musim Hujan, Ibu Wajib Tahu!

Berikut beberapa cara mengatasi bayi rewel saat cuaca panas yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Gunakan pakaian yang lembut

Cara mengatasi bayi rewel saat cuaca panas

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Cara mengatasi bayi rewel saat cuaca panas yang pertama yaitu menggunakan pakaian yang lembut. Ketika cuaca panas, kenakan baju berbahan lembut yang bisa menyerap keringat. Hal ini berguna agar keringat tidak membuatnya merasa gerah dan tidak menyebabkan kulit lembap.

Pada malam hari saat suhu ruangan semakian panas, biarkan ia tidur hanya dengan kaus berbahan katun yang tipis dan popok saja. Pastikan juga untuk rutin mengganti pokok secara berkala supaya tidak menimbulkan ruam kemerahan dan iritasi.

Advertisement

2. Cukupi asupan cairan

Cara mengatasi bayi rewel saat cuaca panas

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Orang dewasa umumnya akan minum air putih lebih banyak saat cuaca panas. Hal ini juga berlaku pada bayi sebagai cara mengatasi bayi rewel saat cuaca panas. Bedanya, si kecil memerlukan bantuan orang lain untuk mendapatkan cairan yang cukup.

Agar bayi terbebas dari dehidrasi, berikan susu formula atau asi pada berusia di bawah 6 bulan. Anda juga bisa memberikan air putih namun jangan terlalu sering atau sesekali saja. Tanda bayi haus atau dehidrasi dapat dikenali dengan bayi menjadi rewel, menangis, atau menjadi sangat lesu untuk bangun tidur.

3. Mandikan bayi dengan air dingin

Cara mengatasi bayi rewel saat cuaca panas berikutnya yaitu memandikan si kecil dengan air dingin. Cara ini bisa dianggap efektif ketika cuaca sedang panas. Menggunakan air lebih dingin dari yang biasa digunakan akan membuatnya merasa lebih nyaman.

Hal itu dapat membantu menyegarkan si kecil sebelum tidur. Apabila suhu sudah terasa menurun atau tergolong dingin di pagi hari, bisa menggunakan kembali air hangat untuk memandikan bayi.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi, Ibu Wajib Tahu!

4. Gunakan alas tidur yang tepat

Cara mengatasi bayi rewel saat cuaca panas

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Selain memandikan bayi dengan air yang lebih dingin, cara mengatasi bayi rewel saat cuaca panas juga bisa dilakukan dengan menerapkan alas tidur yang tepat. Sebisa mungkin pilih bahan seprai berbahan katun agar menyerap keringat saat cuaca sedang panas.

Alas tidur itu akan terasa lebih nyaman yang nantinya bisa membuat si kecil mudah terlelap. Untuk sementara waktu, hindari menggunakan alas tidur berlapis dan selimut, serta jangan menumpuk bantal atau guling untuk menghindari bayi terjatuh.

Tak lupa untuk tidak memilih perlak sebagai alas yang tahan air untuk menidurkan bayi karena memicu panas dan membuat bayi mudah berkeringat.

Advertisement

5. Perhatikan sirkulasi udara di kamar tidur bayi

Bayi yang rewel seringkali mengkhawatir sang ibu, terlebih ketika cuaca sedang panas. Supaya si kecil tidak rewel, pastikan ia berada di ruangan yang memiliki sirkulkasi udara yang baik. Saat tidur siang, buka jendela untuk menciptakan hembusan angin sepoi-sepoi yang alami.

Pada malam hari, pertimbangkan menggunakan kipas angin atau AC pada malam hari jika cuaca dirasa masih panas. Bila suasana kamar nyaman, bayi akan lebih tenang dan gak gampang rewel.

6. Buat bayi tetap merasa tenang

Cara mengatasi bayi rewel saat cuaca panas

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Cara mengatasi bayi rewel saat cuaca panas yang terakhir adalah membuat bayi tetap merasa tenang. Hal ini bisa dilakukan dengan mengatur jam tidur bayi agar teratur dan berikan solusi yang terbaik saat dia telihat gelisah. Memberikan olesan dari kompres air dingin juga bisa membantu mendinginkan dan menenangkannya.***

Baca juga: 7 Tanda Bayi Tidak Cocok Susu Formula, Ibu Muda Wajib Tahu!

Lanjutkan Membaca
Advertisement