Connect with us

Kesehatan

7 Manfaat Tempe Mentah bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Avatar

Diterbitkan

pada

manfaat tempe mentah

Tempe mentah ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan (Foto ilustrasi: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Tempe merupakan salah satu makanan yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Tempe semakin lezat apabila dimakan setelah goreng dan memiliki banyak manfaat. Namun, adakah manfaat tempe mentah jika dikonsumsi?

Tempe adalah hasil olahan fermentasi kedelai yang diberi sejenis jamur atau kapang yang masuk dalam genus rhizopus. Tempe sering dijadikan makanan pengganti daging karena kaya akan nutrisi bagi tubuh.

Selain digoreng, ternyata tempe juga bisa dimakan langsung alias mentah. Pasalnya, tempe yang dijual dipasar sebenarnya kacang kedelainya sudah dikukus atau direbus dan diberi ragi untuk proses fermentasi. Lantas, apa saja manfaat tempe mentah?

Baca juga: 5 Negara yang Menganggap Tempe Makanan Mewah, Harganya Tembus Rp 400 Ribu

Berikut beberapa manfaat tempe mentah yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Kaya akan protein

Manfaat tempe mentah yang pertama yaitu kaya akan protein. Tempe mengandung protein yang tinggi dapat berfungsi membantu perut kenyang lebih lama. Protein tersebut dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori lebih banyak setelah makan.

Advertisement

Oleh sebab itu, tempe dapat dijadikan sebagai makanan diet efektif dengan meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar.

2. Menyehatkan tulang

Untuk meningkatkan kesehatan tulang, tubuh memerlukan asupan kalisum harian. Kalsium tersebut dapat diperoleh dari tempe. Olahan kedelai ini dinilai mampu menjaga tulang tetap kuat dan padat yang membuat manfaat tempe mentah dapat mencegah dari osteoporosis.

Menurut penellitian, dibandingkan susu ternyata kalsium pada tempe dapat diserap dengan baik yang menjadikannya makanan menyehatkan untuk tulang dan meningkatkan asupan kalsium. Selain kalsium, tempe juga sering dimakan sebagai sumber mineral.

3. Membantu mengontrol kolesterol

Manfaat tempe mentah berikutnya yaitu membantu mengendalikan kolesterol di dalam tubuh. Setelah difermentasi, tempe akan menghasilkan kandungan isoflavon. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan isoflavon yang ada pada tempe mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) secara signifikan.

Studi lainnya menemukan protein di dalam kedelai bisa memengaruhi pada kadar kolesterol dan trigliserida.

Advertisement

4. Mengandung prebiotik

Selain membantu mengendalikan kolesterol, manfaat tempe mentah juga terdapat kandungan prebiotik. Kandungan tersebut merupakan serat yang merangsang bakteri yang berdampak baik bagi sistem pencernaan.

Baca juga: 7 Manfaat Kulit Semangka Bagi Kesehatan, Dapat Tingkatkan Libido

Hal ini karena prebiotik dapat meningkatkan pembentukan asam lemak rantai pendek di usus besar. Itulah mengapa tempe sering dibuat dengan bentuk suplemen dalam menguntungkan bagi mikrobiota usus atau bakteri yang berada di sistem pencernaan. Prebiotik nyatanya juga dapat meningkatkan memori.

5. Mengurangi stres oksidatif

Salah satu manfaat tempe mentah adalah mengurangi stres oksidatif. Sebuah studi mempublikasikan antioksidan yang dimiliki tempe dapat menurunkan stres oksidatif. Antioksidan tersebut didapatkan dari isoflavon.

Antioksidan memiliki peran yang sangat penting untuk menetralkan radikal bebas yang sering dihubungkan dengan meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya seperti kanker, jantung, dan diabetes.

6. Mempercantik kulit wajah

Siapa sangka, manfaat tempe mentah dapat mempercantik kulit wajah. Ini berkat kandungan fitoestrogen yang sangat baik bagi kesehatan kulit. Tak heran jika para ahli menyarankan mengonsumsi makan tempe mentah guna merawat kulit, khususnya pada wajah yang berjerawat.

Advertisement

Mulai dari sekarang, Anda bisa mengonsumsi tempe mentah secara rutin dengan ukuran tiga jari untuk mempercantik kulit pada wajah.

7. Dapat dijadikan smoothies

Di banyak kesempatan, salah satu dokter, yakni dr. Zaidul Akbar, sering merekomendasikan makan tempe mentah dengan kurma menjadi lapisan sandwich ataupun dijus seperti membuat smoothies. Walau dianggap agak aneh, tempe mentah bisa menjadi pilihan smoothies yang manis dan menyehatkan jika ditambahkan daging kurma sebagai pemanis alami.

Demikian pembahasan manfaat tempe mentah. Meski berbagai ahli kesehatan menyebutkan tempe mentah sangat baik untuk kesehatan, ahli lainnya ada yang berpendapat tempe mentah tidak disarankan untuk dikonsumsi. Sebaiknya, konsumsi tempe setelah digoreng atau direbus guna menghilangkan bakteri di dalamnya.***

Baca juga: 9 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan, Sumber Nutrisi Ibu Hamil

Advertisement
Lanjutkan Membaca