Home Lifestyle Menengok Air Terjun Kedung Pedut di Kulonprogo

Menengok Air Terjun Kedung Pedut di Kulonprogo

oleh Joko Ham
Air Terjun Kedung Pedut di Kulonprogo. (Ist)

Air Terjun Kedung Pedut di Kulonprogo. (Ist)

FAKTUALid – Di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta memang terkenal dengan daerah wisata yang cukup mumpuni dan terkenal.

Salah satu contoh Air Terjun Kedung Pedut yang berada di Kulonprogo, Yogyakarta. Ternyata air terjun tersebut memiliki beberapa surga tersemunyi (hidden paradise) yang tak mungkin bisa kamu abaikan. Daerah kabupaten yang terletak sekitar 1 jam dari pusat Kota Yogyakarta ini kaya akan wisata alamnya yang menarik nan eksotis.

Banyak tempat yang bisa Anda kunjungi disana dan tentunya tak kalah menarik dengan wisata alam yang kalian temui di tiga Kabupaten lainnya di D.I Yogyakarta

Dan salah satu tempat wisata hits yang harus Anda kunjungi adalah Air Terjun Kedung Pedut yang terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo.

Air terjun Kedun Padut memiliki pesona tersendiri karena warna air yang unik, yakni biru toska yang berpadu dengan warna jernih sehingga mata bisa memandang hingga dasar air terjun.

Sumber mata air Kedung Pedut berasal dari mata air Mudal yang berasal dari dalam bumi. Pantas saja kalau air disana terasa dingin dan sejuk.

Karena letaknya yang tersembunyi dan pemeliharaan alam yang dibuat tradisional, maka air terjun ini terlihat masih asri dengan berbagai tanaman dan pohon yang tumbuh di sekitar air terjun. Bahkan kalian bisa menemukan pohon coklat yang merupakan sisa perkebunan warga yang saat ini telah diubah menjadi lokasi wisata.

Air terjun Kedung Pedut pun memiliki beberapa obyek wisata yang bisa Anda  nikmati sekaligus menjadi obyek foto yang menarik. Seperti Helikopter yang berada di tepi kolam pemandian hingga berfoto di jembatan bambu yang menghubungkan dua kawasan tebing.

Tak hanya itu, bagi Anda yang tertantang untuk menikmati wahana yang memacu adrenalin, maka dapat mencoba flying fox dan sepeda yang akan melintasi kawasan pemandian dengan panjang lintasan 40 meter.

Anda juga bisa berendam di 5 mata air yang ada di Kedung Pedut, yaitu kedung Anyes, Kedung Wedok, Kedung Lanang, Kedung Merang dan Kedung Merak. Aliran dari kelima kedung ini membentuk riam bertingkat dan memiliki kedalaman yang beragam yakni 2-5 meter. Di Kedun Pedut juga terdapat total 6 air terjun yang menjadi primadona bagi para wisatawan di obyek lokasi wisata tersebut.

Jika masih kurang puas dengan hasil fotonya, Anda bisa berfoto instagenik di atas hammock sambil menikmati pemandangan dari ketinggian.

Lokasi wisata Air Terjun Kedung Pedut buka dari pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang. Untuk bisa sampai ke lokasi ini dibutuhkan kira-kira 1 jam dari pusat kota Yogyakarta dan ketika akan memasuki lokasi wisata, Anda  akan melewati jalanan yang cukup menanjak.

Sebab, berada di lokasi pegunungan Menoreh, di akhir menuju lokasi kalian harus mengikuti jalan setapak. Meski demikian, semua akan terbayar dengan keindahan alam yang di tawarkan oleh Air Terjun Kedun Padut.

Bagaimana sobat, apa Anda tertarik? Bagi Anda yang penasaran, Kulon Progo wajib banget Anda masukkan sebagai tempat wisata tujuan yang ada dalam list liburan mu.

Selamat mencoba! ***

Tinggalkan Komentar