Connect with us

Gadget

7 Cara Membersihkan Keyboard Laptop, Mudah dan Praktis!

Avatar

Diterbitkan

pada

Cara membersihkan keyboard laptop

Ilustrasi brush make up (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Laptop saat ini sudah menjadi alat elektronik yang wajib dimiliki bagi sebagian orang. Tak sedikit orang yang setiap harinya menggunakan laptop. Seiring penggunaannya, keyboard laptop akan terdapat debu dan kotoran di sela-sela. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara membersihkan keyboard laptop.

Sama halnya seperti layar laptop, keyboard pun bisa kotor. Kotoran tersebut bisa mengganggu dan menyebabkan keyboard malfungsi. Jika tidak dibersihkan, dikhawatirnya bisa menimbulkan kerusakan yang tidak diinginkan. Tentu membersihkan dengan kain saja tidak cukup untuk menghilangkan debu-debu.

Itulah mengapa Anda perlu mempraktikkan cara membersihkan keyboard laptop secara teratur untuk mengurangi keausan dan memperpanjang usia laptop Anda.

Baca juga: 4 Cara Kalibrasi Baterai Laptop Secara Manual & Otomatis

Berikut beberapa cara membersihkan keyboard laptop yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Gunakan penyedot debu mini

Cara membersihkan keyboard laptop

Ilustrasi alat penyedot debu mini (Foto: Istimewa)

Cara membersihkan keyboard laptop yang pertama yaitu menggunakan penyedot debu mini. Alat ini bisa Anda temukan di pasaran atau melalui market place dengan kisaran dibawah Rp 50.000. Alat ini dapat menyedot seluruh kotoran dan debu yang tertinggal di sela-sela keyboard sehingga laptop keyboard menjadi bersih kembali.

2. Cotton buds

Cara membersihkan keyboard laptop

Ilustrasi cotton buds (Foto: Istimewa)

Umumnya cotton buds digunakan untuk membersihkan telinga. Namun, cotton buds bisa dimanfaatkan sebagai cara membersihkan keyboard laptop. Penggunaan laptop tentu akan menyimpan debu dan kotoran.

Untuk membersihkannya, Anda bisa memanfaatkan tisu kering dan cotton buds untuk bagian yang terhimpit keyboard untuk mencegah terganggunya fungsi mesin. Agar bersih maksimal, celupkan sedikit cotton buds pada alkohol. Tidak lupa membersihkan sela-sela keyboard agar bersih dengan maksimal.

Advertisement

3. Kain mikrofiber

Cara membersihkan keyboard laptop

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Cara membersihkan keyboard laptop berikutnya yaitu dengan kain mikrofiber. Cara ini dianggap paling mudah karena hanya memerlukan kain saja. Caranya mudah, Anda hanya perlu membersihkan sela-sela keyboard dengan kain tersebut.

Jenis lap ini dinilai mampu mengangkat partikel-partikel debu hingga tumpahan minyak. Untuk mendapatkan hasil optimal, beri sedikit alkohol atau cairan disinfektan pada bagian lap tersebut. Lalu, usap secara perlahan pada sela-sela dan tombol keyboard.

4. Hair dryer

Cara membersihkan keyboard laptop

Ilustrasi hair dryer (Foto: Istimewa)

Selain kain microfiber, cara membersihkan keyboard laptop juga bisa menggunakan hair dryer. Membersihkan keyboard akan lebih mudah dan aman dengan alat pengering rambut karena mampu membasmi debu di sela-sela keyboard dan mencegah kerusakan mesin.

Baca juga: Simak, 5 Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada Laptop atau PC

Untuk menerapkannya, pastikan laptop beristirahat setidaknya satu hari. Pasalnya, suhu panas dari hair dryer bisa menyebab kerusakan. Saat membersihkannya, lakukan dengan posisi terbalik supaya kotoran dapat hilang sempurna.

5. Brush make up

Cara membersihkan keyboard laptop

Ilustrasi brush make up (Foto: Istimewa)

Brush make up ternyata dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran yang ada di keyboarad laptop. Alat ini dikenal efektif dalam membasmi kotoran membandel pada keyboard karena serat-serat pada brush makeup mampu menjangkau hingga celah dari tombol keyboard laptop.

Anda hanya perlu menyalu lembut bagian keyboard dengan posisi terbalik. Lakukan hingga tombol keyboard di rasa bersih dari kotoran dan debu. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kuas lukis. Akan tetapi, kuas lukis cukup kasar dan dikhawatirkan akan membuat keyboard menjadi tergores.

6. Posisikan laptop dengan keadaan terbalik

Cara ini memang agak nyeleneh namun dikenal ampuh adalah dengan memposisikan laptop dalam keadaan terbalik. Dengan posisi ini, kotoran dan debu yang ada pada keyboard akan lebih mudah jatuh dan keluar dari sela tersempit.

Dengan begitu, kotoran dari keyboard laptop akan jatuh dengan mudahnya dan berguna menjaga mesin di balik keyboard supaya tidak tersentuh alat pembersih yang menembus ke dalam.

Advertisement

7. Membongkar tombol keyboard

Cara membersihkan keyboard laptop

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Cara membersihkan keyboard laptop yang terakhir adalah mencabut atau membongkar tombol keyboard. Dengan mencabut seluruh tombolnya, Anda bisa leluasa dan mendalam untuk membersihkan kotoran membandel yang menempel pada keyboard.

Jangan lupa untuk membersihkan kepingan keyboard dalam sebelum memasangnya kembali pada tempatnya. Meski begitu, Anda perlu memiliki skill dasar dalam bongkar pasang alat elektronik seperti laptop.***

Baca juga: 6 Tips Merawat Laptop Agar Awet, Bantu WFH Supaya Lancar

Lanjutkan Membaca