Connect with us

Gadget

4 Cara Kalibrasi Baterai Laptop Secara Manual & Otomatis

Avatar

Diterbitkan

pada

cara kalibrasi baterai laptop

Ilustrasi baterai laptop (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Ketika seseorang membeli laptop untuk menunjang kebutuhan harian, penting untuk memerhatikan kapasitas baterainya. Namun, seiring peggunaannya, kapasitas baterai laptop akan berkurang. Dengan mengetahui cara kalibrasi baterai laptop, dirasa dapat mengatasi hal tersebut.

Laptop merupakan perwujudan dari komputer portable yang mudah dibawa kemana saja. Pada dasarnya laptop menjadi keunggulan laptop berada pada baterai yang menempel menjadi sumber dayanya agar perangkat dapat menjalankan sistem.

Tak sedikit laptop yang sudah berbulan-bulan atau bertahun-tahun menunjukkan kualitas baterai yang menurun. Ini karena sel baterai melemah sehingga sering terjadi kejadian laptop mati secara tiba-tiba saat digunakan.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Sampah di Laptop atau Komputer dengan Mudah

Sebelum Anda membeli baterai yang baru, Anda bisa menerapkan cara kalibrasi baterai laptop terlebih dahulu yang bisa dengan mudah dilakukan di rumah.

Berikut beberapa cara kalibrasi baterai laptop yang telah faktualid.com dari berbagai sumber.

Advertisement

1. Kalibrasi laptop OS Windows 10 manual

Cara kalibrasi baterai laptop yang pertama yaitu secara manual. Saat ini, kebanyakan laptop menggunakan sistem operasi Windows 10. Namun, hal yang perlu diingat adalah kalibrasi baterai ini tidak akan meningkatkan kinerja baterai, tetapi hanya membantu sistem membaca status baterai lebih akurat.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, nonaktifkan terlebih dahulu mode sleep, yanki dengan cari mengetik “Control panel” di kolom “search”, lalu “Hardware and Sound” > “Power Options” > “Change when the computer sleeps.”
  • Saat muncul “Put the computer to sleep“, ubah durasi waktu ke “never.”
  • Kemudian, tekan “Change Advanced power Setting”. Dan temukan menu “Battery“, buka simbol “+”,
  • Selanjutnya, klik ”Critical battery action” dan pilih “Hibernate.”
  • Buka bagian “Critical battery level” > “On battery”. Selanjutnya setel menjadi 1% hingga 5%. Lalu, tekan “Apply”.

Jika sudah langkah berikutnya yaitu:

  • Charge atau isi daya baterai laptop hingga 100 persen
  • Gunakan laptop sampai baterai hingan benar-benar kosong supaya mati sepenuhnya.
  • Ketika baterai sudah habis, isi baterai laptop sampai penuh dalam keadaan mati hingga penuh 100 persen.
  • Dengan begitu, proses kalibrasi telah selesai. Menerapkan cara kalibrasi baterai laptop ini seharusnya membuat baterai laptop menjadi lebih awet dan tahan lama.

2. Melalui BIOS

cara kalibrasi baterai laptop

Ilustrasi BIOS (Foto: Gearbest)

Apabila hendak mengkalibrasi baterai laptop, Anda bisa melakukannya melalui BIOS. Meski begitu, cara kalibrasi baterai laptop ini hanya bisa dilakukan pada laptop tertentu yang memiliki kalibrasi baterai yang tertanam dalam BIOS laptop.

Baca juga: Simak, 5 Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada Laptop atau PC

Caranya sebagai berikut:

  • Ketika laptop dalam keadaan mati, nyalakan laptop terlebih dahulu.
  • Selama proses booting, tekan F2 dan tahan beberapa saat. Namun, setiap laptop mungkin mempunyai metode berbeda untuk menuju recoverymode.
  • Jika sudah masuk ke menu BIOS, tekan “Power.”
  • Pilih ‘’Start Battery Calibration’’dan tekan enter.
  • Selanjutnya, isi penuh baterai laptop hingga 100 persen. Lalu, lepaskan lepaskan pengisi daya dan biarkan baterai habis hingga laptop mati dengan sendirinya.
  • Colokkan lagi pengisi daya dan isi ulang baterai sampai penuh 100 persen, jangan menekan tombol atau bootketika pengisian sedang berlangsung.
  • Saat baterai sudah full, restartkembali laptop dan lepaskan charger.

3. Melalui Battery Care

cara kalibrasi baterai laptop

Battery Care (Foto: Istimewa)

Cara kalibrasi baterai laptop berikutnya yaitu menggunakan Battery Care. Battery Care merupakan aplikasi pihak ketiga yang berguna untuk mengkalibrai baterai laptop. Sudah banyak pengguna mengunakan software ini untuk mengetahui kinerja dan mengkalibrasi secara otomatis.

Aplikasi ini juga dapat memonitor suhu hard drive, dan mengingatkan saat suhu laptop tinggi. Tak hanya Windows 10, aplikasi ini dapat diundah dan dijalankan pada Windows XP,7,8, dan Vista.

4. Aplikasi Smarter Battery

cara kalibrasi baterai laptop

Smarter Battery (Foto: Istimewa)

Selain Battery Care, cara kalibrasi baterai laptop secara otomatis bisa dilakukan menggunakan aplikasi Smarter Battery. Berbeda dengan aplikasi diatas, Anda perlu membeli aplikasi ini seharga Rp 200 ribu untuk bisa digunakan.

Aplikasi pihak ketiga ini tentu berfungsi meninjau perkembangan kapasitas baterai dan mempercepat proses kalibrasi. Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai fitur informasi baterai, Anda dapat melihat informasi tentang kapasitas baterai, waktu pemakaian, dan status daya.***

Advertisement

Baca juga: Fitur Kesehatan Mata Pengaruhi Keputusan Beli Laptop

Lanjutkan Membaca
Advertisement