Connect with us

Gadget

6 Tips Merawat Laptop Agar Awet, Bantu WFH Supaya Lancar

Avatar

Diterbitkan

pada

tips merawat laptop

tips cara merawat laptop bantu wfh kamu agar tidak menjengkelkan (Istimewa)

FAKTUALidPandemi virus Covid-19 mengharuskan para pekerja melakukan pekerjaan dari rumah atau Work From Home (WFH) dan terpaksa hidup berdampingan dengan laptop. Sebagian orang kadang tidak mementingkan tips merawat laptop dengan benar, bahkan para pekerja menggunakan laptopnya hampir 24 jam tanpa istirahat. Hal ini tentu sangat berbahaya dan berdampak buruk bagi umur pemakaian laptop.

Selain pemakaian yang terus-menerus tanpa jeda, kita perlu menjaga dan merawat laptop dengan sebaik mungkin agar performanya tidak sampai terganggu. Dengan begitu kita dapat melakukan pekerjaan dengan lancar tanpa hambatan.

Baca juga: Wajib Dicoba, 10 Cara Mengusir Kebosanan Pada Saat WFH

Berikut faktualid.com telah merangkum dari berbagai sumber beberapa tips merawat laptop agar awet yang dapat membantu WFH menjadi lancar tanpa hambatan

Tips Merawat Laptop Agar Awet, Bantu WFH Terasa Lancar dan Tidak Mejengkelkan

1. Jangan Gunakan Mode Sleep Terlalu Lama

Tips merawat laptop yang pertama yaitu jangan gunakan mode sleep terlalu lama. Pada umumya mode sleep digunakan untuk mengistirahatkan laptop dalam waktu singkat saat ingin beristirahat. Perlu dipertahikan dalam waktu yang terbilang sebentar, mode sleep akan baik-baik saja untuk laptop.

Advertisement

Jika terlalu sering digunakan, dapat menimbulkan masalah nantinya. Jika ini meninggalkan laptop dalam kurun waktu lebih dari 8 jam, sebaiknya laptop dimatikan saja saat tidak digunakan.

Menggunakan mode sleep terlalu lama bisa menjadikan laptop anda timbul hal-hal sebagai berikut.

  • Dapat menimbulkan over-charger dan baterai menjadi cepat bocor jika menggunakan mode sleep saat daya baterai tersisa sedikit
  • Jangan menggunakan mode sleep terlalu lama dan terlalu sering, bisa menyebabkan performa baterai bisa menurun.
  • Daya tahan memory akan menurun, karena menerima daya berlebihan pada saat mode sleep
  • Bisa menyebabkan laptop tiba-tiba mati.

2. Jangan gunakan laptop diatas kasur

Jika kamu sering menggunakan laptop saat WFH, perhatikan tips merawat laptop yang satu ini agar tidak digunakan sofa atau diatas kasur. Perlu diketahui menggunakan laptop dipermukaan yang empuk seperti kasur dan kapas dapat menghambat sirkulasi udara. Suhu laptop akan cepat panas, karena pada saat pembuangan udara dari dalam laptop tertahan oleh kasur, udara masuk kembali ke dalam laptop.

Jika sirkulasi udara di dalam laptop tidak keluar, nantinya suhu laptop akan cepat panas sehingga dapat menyebabkan laptop overheat. Untuk menghindari kerusakan pada laptop, sebaiknya pilih ruangan yang lebih kondusif agar bisa meletakan laptop diatas meja.

Menggunakan laptop diatas kasur tidak masalah, dengan syarat saat meletakan laptop diatas kasur alasi dengan permukaan datar, misalnya meja kecil atau buku tebal dijadikan sebagai alasan.

3. Jangan meletakan apapun diatas laptop

Tips merawat laptop selanjutnya jangan meletakan apapun diatas laptop. Segelintir orang sering melakukan kebiasaan menaruh barang diatas laptop saat tidak digunakan. Biasanya barang yang sering diletakan diatas laptop seperti handphone, mouse, buku, alat tulis, kopi ataupun makanan. Mulai sekarang segera hentikan kebiasaan itu sekarang. Karena kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan kerusakan-kerusakan pada laptop.

Advertisement

Dengan menaruh benda diatas laptop bisa jadi layar atau komponen lainnya menjadi rusak. Apalagi jika menaruh kopi atau minum diatas laptop, bisa terjadi kecelakaan misalnya minuman tersebut tumpah meyebabkan kerusakan pada perangkat keras. Tentu kamu tak ingin pekerjaanmu jadi terhambat karena laptop yang rusak bukan?

Baca juga: Agar Tidak Sakit Punggung saat WFH selama PPKM Darurat

4. Jangan Langsung Menutup layar

Setelah selesai menggunakan laptop, biasanya kita selalu menutup layar setelah laptop dimatikan. Pada saat laptop dimatikan, panas yang dihasilkan belum sepenuhnya hilang. Jika kamu langsung menutup layar, hawa panas yang keluar dari permukaan keyboard akan langsung mengenai layar. Jika terlalu sering langsung menutup layar ditakutkan akan mengalami kerusakan.

Setelah dimatikan, diamkan dulu laptop selama 5-10 menit. Jika suhunya sudah turun, barulah kamu tutup laptopnya agar tidak merusak layar.

5. Memangku laptop di atas paha

Kesalahan yang paling sering terjadi adalah kebiasan memangku laptop diatas paha. Menaruh laptop diatas paha dapat menyebabkan overheating. Karena ventilasi pada laptop tersebut terletak di bagian bawah.

Advertisement

Kulit atau bahan baju kita akan menghalangi aliran udara yang keluar masuk. Sebagai gantinya, kamu harus menggunakan laptop di permukaan yang keras seperti meja dari kayu. Akan lebih baik lagi jika kamu memasang fan di bawahnya.

6. Laptop belum pernah di-reset

Tips merawat laptop yang terakhir me-reset laptop. Laptop yang belum pernah di-reset dapat membuat laptop semakin terasa lambat, tentu kejadian ini membuat kita kesal. Jangan kehilangan harapan terlebih dahulu. Kamu bisa mencoba melakukan reset terhadapnya. Ini tidak sama dengan restart ya. Reset adalah cara untuk menginstal ulang sistem operasi laptop. Sebelum melakukannya, pastikan kamu sudah memindah semua data di dalamnya ya. Caranya mudah, tinggal buka Settings > Update & Security > Recovery > Reset this PC.

Baca juga: Apindo Diminta Tegakkan Aturan WFH Perusahaan

Itulah beberapa tips merawat laptop agar awet supaya WFH kamu berjalan dengan lancar. Dengan begitu, laptop kamu akan lebih awet dan bisa terus menemanimu untuk bekerja di mana saja.

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.