Connect with us

Lifestyle

Wajib Dicoba, 10 Cara Mengusir Kebosanan Pada Saat WFH

Avatar

Diterbitkan

pada

cara mengusir kebosanan saat WFH

FAKTUALid -Saat WFH terkadang kebosanan datang secara tiba-tiba. Bagi sebagian orang pasti mempunyai cara mengusir kebosanan saat WFH. Melonjaknya Virus Covid-19 mengharuskan untuk para pekerja melakukan Work From Home (WFH). Maka dari itu, para pekerja harus bisa mencari cara untuk mengusir kebosanan saat WFH. Virus Covid-19 di Indonesia kini makin menyeramkan. Organisasi kesehatan dunia (WHO) pun menetapkan virus ini sebagai pandemi karena penyebarannya yang sangat cepat.

Per Minggu (4/5/2021) kasus covid-19 di Indonesia mencapai 2,31 Juta dengan jumlah kematian 61.140 orang. Angka tersebut membuat kita harus lebih memperhatikan kesehatan diri sendiri dan keluarga. Pemerintah pun telah menggalakkan gerakan 3M, yakni Mencuci tangan, Memakai Masker hingga Menjaga jarak. Tingginya angka tersebut membuat Pemerintah menggalakkan kampanye bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Namun bekerja dari rumah harus diimbangi dengan penguatan mental agar terhindar dari rasa bosan dan jenuh, para pekerja perlu mencari cara untuk mengusir kebosanan saat WFH.

Selama pandemi ini anda bisa melakukan sesuatu hal baru yang bisa dikerjakan dari rumah. Bersyukur dengan pengembangan teknologi informasi saat ini yang sudah sangat maju membuat kita lebih mudah menjangkau informasi dari luar, Berinteraksi online dan mencari sesuatu pengetahuan untuk dikerjakan dengan online di internet. Kampanye WFH ini dibuat untuk mengurangi aktivitas masyarakat diluar rumah guna mengurangi penyebaran virus tersebut. Namun, sebagian besar dari anda tentunya sudah mulai jenuh dan bosan karna berada dirumah saja. Apalagi bagi sebagian orang yang biasa bekerja sambil nongkrong di kafe atau mencari hiburan ke boskop. Perlu tips-tips khusus agar anda tidak merasa bosan dan kesepian saat sedang Work From Home (WFH).

Lantas apa saja yang bisa dilakukan pekerja untuk mengusir kebosanan saat sedang WFH karena pandemi, berikut Faktualid akan berikan beberapa tips nya.

Advertisement

1. Mendengarkan Musik Favorit

Cara mengusir kebosanan saat WFH yang pertama adalah bisa dilakukan dengan cara memutar musik favorit. Jika dikantor anda perlu menggunakan headset agar tidak mengganggu teman anda, ketika dirumah atau kos, anda tidak membutuhkan itu. Sembari mendengarkan lagu juga anda bisa bernyanyi sesuka hati tanpa mengganggu orang lain.

2. Sering Bergerak

Cara mengusir kebosanan saat WFH yang kedua adalah harus sering bergerak. Jika membuat ruang kerja seluler bisa membantu untuk berkonsentrasi, siapkan beberapa ruang dirumah khusus untuk bekerja. melakukan ini dapat membantu postur tubuh karena akan mengubah posisi duduk. Pastikan ruang kerja ergonomis, karena akan menghilangkan faktor resiko yang mengarah pada cedera muskuloskeletal dan memungkinkan peningkatan kinerja dan produktifitas. Bekerja sambil duduk di sofa yang nyaman atau tempat tidur adalah cara yang bagus karena mengetik laptop dengan waktu yang lama bisa membuat punggung atau leher menjadi tegang.

3. Bermain Game

Cara mengusir kebosanan saat WFH yang ketiga adalah Siapa sih yang tidak suka bermain game ketika sedang suntuk dengan kerjaan? hampir setiap orang yang bekerja pasti mengalihkan dunia mereka dengan cara bermain game online. Bermain game bisa menjadi kegiatan yang pas saat anda sedang bosan dengan WFH. Apalagi ditengah pandemi corona seperti iniyang membuat hampir seluruh perusahaan di Indonesia khusunya domisili Jakarta mnengeluarkan aturan Work From Home anda bisa menyelesaikan game-game dengan durasi yang pendek. Namun, anda perlu mengontrol berapa lama anda harus bermain game saat jam kerja. sering kali para pekerja yang memiliki hobby bermain game terlena dan meninggalkan pekerjaan yang harus diselesaikan.

4. Pilih Panggilan Video Daripada Telpon

Cara mengusir kebosanan saat WFH yang keempat adalah Seorang pekerja tentunya butuh berinteraksi selama program WFH ini. Entah dengan rekan kerjanya atau deman dekatnya. Memilih panggilan video daripada telpon saat menghubungi mereka, adalah salah satu cara untuk mengatasi kebosanan saat WFH. Executive Career Coach, elizabeth Person, menjelaskan lewat The Ladders bahwa hal tersebut akan dan membuat kamu lebih terhubung dengan teman anda serta membangun rasa gembira dan persahabatan.

5. Bercocok Tanam

Cara mengusir kebosanan saat WFH yang kelima adalah Cara mengusir kebosanan saat WFH selanjutnya bisa dilakukan dengan bercocok tanam. tentu saja saat WFH ini anda bisa melakukannya dirumah. tidak perlu khawatir karena kalian tidak memiliki halaman yang luas, anda cukup menananm tanaman dengan media pot-pot kecil yang bisa digantung atau tidak. Apalagi jika anda memiliki halaman yang cukup luas, anda juga bisa memanfaatkannya untuk menanam sayuran, dimana sayuran tersebut bisa anda konsumsi sendiri.

Advertisement

6. Membaca Buku

Cara mengusir kebosanan saat WFH yang keenam adalah Membaca buku menjadi salah satu kegiatan agar anda tidak jenuh saat melakukan WFH. Meluangkan waktu sejenak untuk membaca buku mungkin menjadi saah satu cara untuk mencari ketenangan. Tidak ada salah nya membaca buku untuk membunuh rasa bosan. selain itu, anda juga bisa menambah wawasan dengan membaca buku.

7. Menjahit

Cara mengusir kebosanan saat WFH yang ketujuh adalah Menjahit. Menjahit sekarang bukan hal yang dianggap susah. anda bisa mempelajarinya dari youtube. Anda bisa mencoba untuk menjahit baju, tas atau yang sekarang sangat dibutuhkan seperti masker. Saat ini sudah banyak mesin jahit yang digunakannya sangat mudah yang tersedia di marketplace dan rentang harganya pun tidak terlalu mahal. Jadi, sekarang tinggal anda tekuni jika sudah bisa, selain itu anda juga bisa mempunyai penghasilan sampingan dari menjahit.

8. Mendengarkan Radio

Cara mengusir kebosanan saat WFH yang kedelapan adalah mendengarkan radio. Kapan terakhir kali anda mendengarkan radio? kehadiran musik digital, situs video daring dan layanan musik streaming membuat kita melupakan radio sangat berjaya pada jamannya. Jika bosan dan jenuh karena harus mengurung diri dirumah kembali mendengarkan radio tentunya menarik untuk dicoba. Terlebih saat ini, radio juga bisa kita dengarkan langsung secara online, yang bisa langsung diakses lewat laptop atau PC saat kita bekerja. Jangan lupa untuk mengajukan request dan titip salam ya!. Sebagai sarana informasi, berbagai stasiun radio tetap melakukan siaran dari rumah. Dengan demikian kita tetap bisa mendengarkan konten yang menarik melalui radio.

9. Lakukan Push up Challenge dan Squat Challenge

Cara mengusir kebosanan saat WFH yang kesembilan adalah melakukan olahraga ringan seperti Push Up dan Squat. Wabah Covid-19 tentuk tidak menghalangi kita untuk tetap fit dengan berolahraga. Beberapa jenis latihan dirumah yang bisa dilakukan adalah Push Up dan Squat, yang bermanfaat bagi kesehatan fisik dan postur tubuh. Misalnya Push Up membantu menguatkan otot tubuh bagian atas, Sementara itu Squat membantu menguatkan otot inti dan otot bagian bawah. Dengan memberikan Challenge bagi diri sendiri, anda bisa menaikkan secara perlahan repitisi dalam melakukan push up atau squat. Pastikan teknik dalam melakukan challenge ini dilakukan dengan benar dan tepat untuk hasil yang optimal.

10. Bermain Alat Musik Dan Cover Lagu

Cara mengusir kebosanan saat WFH yang kesepuluh adalah bermain alat musik dan cover lagu.  Jika anda pandai bermain alat musik sederhana, seperti gitar, mungkin cara menghilangkan kebosanan saat WFH bisa anda lalukan dengan Mengcover lagu. Aktivitas ini bisa dilakukan disaat jeda istirahat kurang lebih selama 20 menit. Selain ampuh membunuh rasa bosan, bermain alat musik sembari cover lagu favorit juga bisa menambah kemampuan anda dibidang tersebut. Jika hasilnya bagus, anda jangan ragu untuk mengunggah coveran tersebut ke sosial media anda. Siapa tahu dari hal kecil ini, anda bisa mendapat banyak pujian dari para follower.

Advertisement

Inilah beberapa cara untuk mengusir kebosanan saat WFH. Selama masa pandemi ini masih terjadi, selalu jaga diri dirumah dan menerapkan hidup sehat dan jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. ***

Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *