Home Lifestyle 7 Rekomendasi Wisata Kota Padang Yang Wajib anda kunjungi

7 Rekomendasi Wisata Kota Padang Yang Wajib anda kunjungi

oleh Hana Chaniago
wisata kota padang

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUALid Kota Padang tidak hanya dikenal dengan kulinernya yang enak dan restorannya yang tersebar di seluruh Indonesia. Ibukota Sumatra Barat beserta dengan kota-kota nya yang lain di sekitarnya, ternyata memiliki sumber daya alam yang sangat luar biasa. Kota yang dikenal dengan legenda Maling Kundang dan Siti Nurbaya ini berbatasan langsung dengan laut dan perbukitan, sehingga secara otomatis memiliki wisata yang tentunya wajib anda kunjungi.

Wisata Kota Padang juga banyak beragam pantai yang indah dan memikat mata. Beberapa diantaranya adalah Pantai Air Manis yang terkenal dengan legenda Batu Malin Kundang dan Pantai Pulau Pasumpahan yang dikenal akan pasirnya yang putih dengan airnya yang cukup jernih. Selain wisata pantai, Kota Padang juga memiliki wisata lain, seperti Jembatan Siti Nurbaya, Kota Tua Padang dan Masjid Raya Sumatera Barat.

Berikut 7 wisata Kota Padang yang sudah Faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Kota Tua Padang

Wisata Kota Padang yang pertama adalah Kota Tua. Ternyata Kota Tua tidak hanya ada di Jakarta. Kota Tua di Padang ini terkesan tidak terawat dengan baik. Tapi jangan salah, Kota tua ini menjadi destinasi wisata yang wajib anda kunjungi jika berlibur ke Padang. Yang menarik dari kota tua ini adalah deretan gedung-gedung tua yang usianya sudah berumur hampir ratusan tahun.

Jika anda tertarik dengan sejarah dan budaya, makan tempat wisata ini cocok untuk anda kunjungi. Tempat wisata di Kota Tua Padang ini. Tempat wisata di Kota Padang membentang dari Jalan Muaro, Pasa Mudik, Pasa Gadang, Batang Arau, Pasa Tanah Kongsi, hingga Wilayah Pondok.

2. Jembatan Siti Nurbaya

Wisata Kota Padang yang kedua adalah Jembatan Siti Nurbaya.Pemberian nama Siti Nurbaya tidak lain karena fungsinya sebagai akses penghubung menuju Gunung Padang yang menjadi latar novel klasik Siti Nurbaya. Jembatan Siti Nurbaya ini memiliki panjang sekitar 156 Meter diatas Sungai Batang Aru.

Dalam pembangunan jembatan ini, membutuhkan waktu yang lama yakni sejak tahun 1955 hingga 2002. Selain sebagai akses penghubung, jembatan ini juga biasa dijadikan tempat untuk menikmati matahari terbenam dengan pemandangan kota tua Padang.

3. Pantai Air Manis

Wisata Kota Padang yang ketiga adalah Pantai Air Manis. Pantai yang dikenal juga dengan pantai Malin Kundang ini merupakan wisata favorit bagi wisatawan yang sedang berlibur ke Padang. Alasan mengapa disebut pantai Malin Kundang, karena adanya sebuah batu yang menyerupai manusia sedang bersujud.

Salah satu hal yang tidak kalah menarik, karena adanya bebatuan yang menyerupai tali tambang, kapal, hingga kayu yang juga menyerupai pecahan badan kapal. Penduduk setempat juga percaya bahwa bebatuan itu tidak hanya sesuatu yang kebetulan, melainkan menjadi bukti jika legenda Malin Kundang benar terjadi.

Baca juga: PLN Dukung Pengembangan Desa Wisata

4. Pantai Pulau Pasumpahan

Wisata Kota Padang yang keempat adalah Pulau Pantai Pasumpahan. Daya tarik yang dimiliki oleh Pulau Pantai Pasumpahan ini adalah permukaan laut yang seolah terbagi menjadi tiga warna, dengan gradasi warna hijau, bening dan biru. Tidak hanya sekedar duduk bersantai dan berjemur menikmati keindahan pantai, anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti snorkling, berkemah, hingga bermain voli pantai.

5. Museum Adityawarman

Wisata Kota Padang yang kelima adalah Museum Adityawarman. Museum Adityawarman resmi dibuka pada tahun 1977. Museum ini memiliki luas sekitar 2,6 hektar. Museum ini menyimpan barang-barang bersejarah baik cagar budaya minangkabau, maupun nasional. Dari berbagai macam koleksi ada di museum ini. Mulai dari yang paling ikonik yaitu Rumah Bagonjong yang memiliki desain arsitektur khas minang.

Baca juga: Rekomendasi Wisata Jogja Wajib Dikunjungi Setelah Pandemi

6. Masjid Raya Sumatera Barat

Wisata Kota Padang yang keenam adalah Masjid Raya Sumatera Barat. Berbeda dengan kebanyakan masjid yang ada di Indonesia, Masjid Raya ini tidak memiliki kubah diatas bangunannya. Salah satu tempat ibadah umat muslim terbesar di Sumatera barat ini cukup unik, karena menggunakan arsitektur rumah gadang dengam empat sudut lancip khas budaya Minagkabau.

Salah satu Masjid yang dapat menjadi wisata di Kota Padang ini tergolong cukup baru, karena pembangunanya baru selesai pada awal tahun 2019 lalu. ada satu hal yang menarik dari masjid ini. Masjid yang terdiri dari tiga lantai ini sengaja dirancang agar tahan gempa hingga 10 Magnitudo.

Masjid Raya Sumatera Barat ini juga sering difungsikan sebagai lokasi evakuasi sewaktu-waktu apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti gempa bumi.

7. Sitinjau Lauik

Wisata Kota Pdang terakhir yang wajib anda kunjungi adalah Sitinaju Lauik. Sitinjau Lauik ini sering disebut dengan Padang Scenic Point. Sitinjau Lauik adalah sebuah tempat yang berada di ketinggian kurang lebih 1000 Meter diatas permukaan laut.

Sesuai dengan namanya, kegiatan wisata utama yang bisa dilakukan disini adalah melihat pemandangan yang luas dan hijau dan bisa melihat pemandangan samudra hindia dari kejauhan.

Itulah tempat wisata di Padang yang wajib anda kunjungi. Anda sudah menentukan untuk pergi kemana? jangan lupa sesuaikan dengan budget ya!***

You may also like

Tinggalkan Komentar