Connect with us

Internasional

Gup Band Wanita India WiSH Bertekad Antar I-pop susul J-pop dan K-pop, Siap Serbu Indonesia

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Grup band wanita India WiSH yang beranggotakan dari kiri ke kanan: Ri (Riya Duggal), Sim (Simran Duggal), Zoe (Zoe Siddharth) dan Suchi (Suchita Shirke), siap mengangkat musik I-pop mendunia.

Grup band wanita India WiSH yang beranggotakan dari kiri ke kanan: Ri (Riya Duggal), Sim (Simran Duggal), Zoe (Zoe Siddharth) dan Suchi (Suchita Shirke), siap mengangkat musik I-pop mendunia.

FAKTUAL INDONESIA: Dunia telah menyaksikan kebangkitan J-pop dan K-pop, tapi bisakah I-pop menjadi yang berikutnya mengambil alih tangga lagu global?

Bila I-pop dari India mampu bangkit setelah J-pop (Jepang) dan K-pop (Korea) maka siap-siap musik dari negara Anak Benua itu akan menyerbu Indonesia.

Indonesia selain menjadi sasaran pasar yang menggiurkan dalam dunia musik dan film juga sudah sangat akrab dengan film dan musik India.

I-pop siap bangkir menyusul J-pop dan K-pop menjadi tekad grup musik wanita India yang menyandang nama W.i.S.H. – akronim dari World inka Stage Hai, atau “dunia adalah panggung mereka”.

Mereka berempat – Ri, Zo, Sim, dan Suchi – dikatakan sebagai girl grup mainstream pertama di India dalam lebih dari 20 tahun.

Advertisement

India memiliki sejarah penyanyi wanita yang kuat, dengan penyanyi solo seperti Lata Mangeshkar, Asha Bhosle dan Shreya Ghoshal.

Ada juga duo sukses Nooran Sisters, tapi girl band belum mencapai kesuksesan dengan cara yang sama.

Zo mengatakan kepada BBC Asian Network W.i.S.H. ingin mengubahnya dan menjadi yang teratas dengan menyebarkan pesan positif tentang persaudaraan dan pemberdayaan perempuan.

Dia menggambarkan single debut mereka, Lazeez (berarti “lezat” atau “enak” dalam bahasa Urdu), sebagai lagu yang “merayakan wanita modern dan mendorong cinta diri”.

“Sebenarnya ini sangat istimewa bagi saya, bagi kita semua,” katanya.

Advertisement

“Kami ingin membangun satu sama lain tidak hanya sebagai artis tetapi juga sebagai manusia. Kami berada dalam perjalanan ini bersama-sama, dan saya sangat bersyukur untuk itu.”

Sony Music India Zo merasakan W.i.S.H. dapat menjadi katalis bagi kelompok-kelompok India untuk memberikan dampak global

Diljit Dosanjh adalah contoh terbaru dari seorang bintang India yang menarik perhatian global dengan penampilannya di Coachella dan kolaborasi dengan orang-orang seperti Sia dan Ed Sheeran.

Dan Zo percaya W.i.S.H. dapat membantu I-pop menjangkau khalayak internasional.

“Kami siap melakukan perjalanan keliling dunia dan menampilkan lagu-lagu kami di mana saja.”

Advertisement

Mengharapkan. diciptakan oleh produser musik Mikey McCleary di bawah Sony Music Entertainment, dan Ri, yang merupakan anggota pertama, sangat senang dengan tanggapan positif dari para penggemar.

“Belum sehari sejak lagu kami dirilis, dan kami sudah memiliki banyak sekali halaman penggemar. Dan saat itulah kami menyadari betapa India sangat menginginkan dan menantikannya.

“Jika gadis-gadis muda melihat kami dan kemudian memutuskan untuk menjadi bintang pop, itu luar biasa. Anda dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan. Dunia adalah panggung Anda, dunia adalah tiram Anda,” kata Ri.

“Kamu hanya harus percaya pada dirimu sendiri.”

“India memiliki begitu banyak bakat dan budaya, namun sangat kaya dalam banyak hal,” kata Ri

Advertisement

Meski bersemangat menjadi girl band pertama di India setelah lebih dari dua dekade, Zo mengakui masih ada tekanan.

“Kami sekarang harus menetapkan standar baru, jadi ada banyak ekspektasi terhadap kami.

“Tetapi pada saat yang sama, ini sangat menarik karena sekarang kita bisa menjadi trendsetter,” katanya.

Tapi W.i.S.H. juga telah mempelajari grup wanita Barat terkenal seperti Spice Girls dan Little Mix, dan ingin mengikuti jejak mereka dengan merangkul individualitas masing-masing anggota.

“Zo sangat tenang dan manis, akulah yang lancang, dan Suchi nakal dan berapi-api. Ri adalah bos, pemimpin, dan mama beruang,” kata Sim.

Advertisement

Dan persaudaraan juga merupakan sesuatu yang sangat penting bagi mereka – terutama karena Sim dan Ri adalah saudara kandung.

“Saya senang saya dan saudara perempuan saya bersama-sama untuk pengalaman ini,” kata Sim.

Dengan tujuan yang tinggi, kelompok tersebut sudah memikirkan dengan siapa mereka ingin berkolaborasi.

“Kami menyukai BTS, kami berempat perempuan, dan mereka berempat laki-laki. Saya pikir kami akan membuat lagu yang luar biasa,” kata Sim.

Suchi mengatakan bahwa, pada saat ini, W.i.S.H. sedang menjalani mimpi.

Advertisement

“Saya menikmati segalanya tentang hidup saat ini karena kami telah berupaya menuju W.i.S.H. selama dua tahun, jadi ini adalah saat yang menyenangkan bagi kami semua.

“Sekarang giliran kami,” katanya. ***

Lanjutkan Membaca
Advertisement