Connect with us

Hukum

Sopir Vanessa Angel Divonis 5 Tahun Penjara

Avatar

Diterbitkan

pada

Tubagus Joddy saat menjalani persidangan. (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Tubagus Muhammad Joddy, sopir mendiang artis sinetron Vanessa Angel divonis 5 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jombang. Vonis itu lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), yakni 7 tahun penjara.

Majelis Hakim PN Jombang, Bambang Setiawan menyatakan bahwa Joddy secara sah dan meyakinkan, bersalah telah melakukan tindak pidana, mengemudikan kendaraan bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan orang lain meninggal dunia dan mengalami luka sebagaimana tuntutan kedua penuntut umum.

“Terdakwa dijatuhi vonis 5 tahun penjara dan denda sejumlah 1 juta rupiah dengan ketentuan jika tidak dibayar maka akan diganti dengan pidana kurungan selama 2 bulan,” ujarnya dalam sidang yang digelar Senin (11/4/2022).

Selain pidana penjara selama 5 tahun, terdakwa juga diwajibkan membayar denda Rp10 juta. Terdakwa dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal Pasal 310 ayat (4) dan Pasal 310 ayat (2) Undang-undang LLAJ.

Terdakwa kecelakaan maut yang menewaskan artis Vanessa Angel dan suaminya, Febri Andriansyah atau Bibi itu juga mendapat tambahan hukuman berupa pencabutan Surat Izin Mengemudi (SIM) A selama dua tahun. “SIM A atas nama Tubagus Muhammad Joddy dikembalikan kepada institusi Polri sebagai institusi yang menerbitkan SIM A tersebut,” ujarnya.

Advertisement

Sementara JPU Adi Prasetya dan Aldi Demas usai mendengarkan putusan hakim menyatakan pikir-pikir dulu. Pernyataan sama juga disampaikan oleh terdakwa dan kuasa hukumnya yakni Eko Wahyudi. “Kita tetap keberatan dengan putusan yang dijatuhkan majelis hakim ke klien kita,” ujarnya.

Seperti diketahui, mobil Mitsubishi Pajero yang ditumpangi Vanessa Angel dan keluarganya mengalami kecelakaan tunggal di Tol Jombang KM 672+300 di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, pada Kamis (4/11/2021) lalu. Saat itu, mobil dikemudikan Joddy.***

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement