Home Olahraga Prediksi Piala Eropa 2020: Italia Harus Waspadai Dua Jimat Spanyol

Prediksi Piala Eropa 2020: Italia Harus Waspadai Dua Jimat Spanyol

oleh Gungdewan

 

Italia melawan Spanyol merupakan pertarungan dua mantan juara dan kiblat sepakbola dunia

Italia melawan Spanyol merupakan pertarungan dua mantan juara dan kiblat sepakbola dunia

FAKTUALid – Siapa yang akan lolos ke final Piala Eropa 2020? Italia ataukah Spanyol? Pasti akan lebih banyak memilih Italia, kecuali pendukung fanatic Spanyol tentunya.

Tidak salah, karena Italia memang pantas dijagokan. Bahkan melihat penampilan Italia selama Euro 2020 ini, pasukan pelatih Roberto Mancini layak disebut jagoan.

Tapi tunggu dulu. Spanyol meskipun bukan jagoan namun mempunyai dua jimat yang tidak bisa dianggap enteng oleh Italia. Bila Italia lengah akan kekuatan di luar teknis itu bisa-bisa akan tersandung lalu tersingkir.

Bagaimana rasanya  bila seorang jagoan harus kalah. Sakit dan penuh duka mendalam.

Itala aka memasuki pertarungan semifinal di Stadion Wembley, London, Inggris, Selasa (6/7/2021) atau Rabu (7/7/2021) dinihari WIB ini, dengan meyakinkan dibandingkan dengan Spanyol.

Tongkrongan Italia

Kalau tidak mau dianggap sombong, pasukan Azzurri bisa membusungkan dada saat menginjak lapangan hijau. Mereka memang memiliki tongkrongan untuk membanggakan diri.

Bayangkan, Italilah satu-satunya tim yang melangkah ke semifinal dengan rekor sempurna. Tidak terkalahkan dalam arti selalu menang, tidak pernah seri apalagi kalah.

Ditarik lebih jauh lagi, dengan lima kemenangan beruntun di Piala Eropa 2020 maka Italia sudah mencatat 13 kemenangan dalam 32 penampilan tak terkalahkan.

Bagaimana performa luar biasa dari Italia bisa dilihat saat menyingkirkan peringkat satu dunia Belgia di perempatfinal  2-1. 

Nicolo Barella dan Lorenzo Insigne mencetak gol dengan apik. Kemitraan bek tengah Italia Leonardo Bonucci dan kapten Georgio Chiellini berjalan sangat baik untuk menggagalkan permainan Belgia. Di bawah mistar  Gianluigi Donnarumma juga berkontribusi dengan beberapa penyelamatan penting.

Jimat Spanyol

Spanyol dengan menyandang dua kali juara Eropa mengawali turnamen dengan kurang meyakinkan. Sempat ditahan Swedia dan Polandia sebelum mengahcurkan Slovakia 5-0 untuk lolos ke 16 besar.

Spanyol harus melewati perpanjangan waktu untuk menyisihkan Kroasia 5-3 dalam merebut tempat ke perempatfinal. Bahkan di delapan besar Spanyol harus melewati adu penalti menyisihkan Swiss 2-1.

Bahkan penampilan itu belum mampu ditingkatkan termasuk saat menaklukan Swiss 2-1 di perempatfinal.

Meskipun kurang meyakinkan namun Spanyol mempunyai jimat yang selalu mengantarnya ke tangga juara Piala Eropa. Jimat sejarah dimana bila sudah menyentuh semifinal maka Spanyol akan sukar dihadang lagi hingga sampai ke tangga juara.

Kemudian dengan Italia, Spanyol juga memiliki aura lebih meyakinkan karena lebih banyak menang bila kedua tim berlaga.

Head to head menunjukkan Italia 9 menang, Spanyol 12 menang, 12 seri. Bahkan dalam pertemuan terakhir Spanyol  menyikat Italia 3-0 pada 2 September 2017.

Prediksi

Kemenangan Italia atas Belgia adalah indikasi paling jelas bahwa tim asuhan Roberto Mancini memiliki kemampuan untuk melaju jauh di turnamen ini, mengatasi lawan elit untuk pertama kalinya di kompetisi tersebut. Setelah bertahan dengan mengagumkan melawan tim Roberto Martinez, mereka harus melakukannya lagi melawan Spanyol, yang menuju ke semifinal ini setelah mencetak 11 gol selama tiga pertandingan terakhir mereka.

Namun, Spanyol belum menghadapi pertahanan kualitas Italia selama tiga pertandingan dan pertahanan mereka mungkin berjuang melawan kecepatan dan tusukan dari pemain sayap Italia di kedua sisi Ciro Immobile di depan. Italia telah terlihat sebagai unit yang lebih kuat dari Spanyol selama kompetisi sejauh ini.

Barangkali, Italia membutuhkan waktu tambahan di Wembley seperti yang mereka lakukan dalam pertandingan babak 16 besar vs Austria. Azzurri yang pada akhirnya lolos ke final. ***

Perkiraan susunan tim

Italia  (4-3-3): Donnarumma; Di Lorenzo, Bonucci, Chiellini, Emerson; Barella, Jorginho, Verratti; Chiesa, Immobile, Insigne

Spanyol (4-3-3): Simon; Azpilicueta, Laporte, Pau Torres, Alba; Koke, Busquets, Pedri; Ferran Torres, Morata, Olmo.

You may also like

Tinggalkan Komentar